Tantangan 5 Zona 6: Pendidikan Seks Menurut Ajaran Islam

By chikitadinda - 00.00

Judul video: Beginilah Seharusnya Mendidik Anak - Pendidikan Seks Menurut Ajaran Islam
Narasumber: Ust. Khalid Basalamah
Sumber: Youtube Khalid Basalamah Official


Banyak dijelaskan beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan saat mendidik anak terkait pendidikan seks. Yang pertama adalah anak harus diajarkan adab meminta ijin sebelum masuk ke kamar orang tua, terlebih dalam 3 waktu: subuh, tengah hari, setelah isya.

Anak juga tidak boleh dibiasakan untuk tidur bersama, dan orang tua hendaknya tidak dibiasakan melihatkan aurat ke anak.

Apabila sudah terlanjur, pisahkan sekarang. Orang tua juga jangan mandi bareng meskipun sesama jenis (misal, ayah dengan anak laki-lakinya atau ibu dengan anak-anak perempuannya). Hal tersebut karena nantinya akan banyak muncul pertanyaan terkait perbedaan fisik. 


Namun jika sudah muncul pertanyaan tersebut, kita sebagai orang tua perlu untuk menjawab sebatas butuh jawaban. Contohnya jika anak bertanya kenapa ada perbedaan bentuk badan, bisa dijawab nanti kalau besar kamu akan seperti ini. Bila ditanya terkaid haid, bisa dijawab semua wanita dewasa jika sudah baligh akan mengalami fase ini.

Pertanyaan-pertanyaan dari anak harus dijawab supaya tidak mencari tahu sendiri. Karena jika mereka mencari tahu sendiri dengan sumber yang salah akan menjadi semakin penasaran dan salah langkah.

Orang tua harus mengajarkan anak untuk menundukkan pandangan dan menutup aurat. Ditanamkan bahwa Allah swt selalu melihat dan mewajibkan hal tsb.

Apabila kita sebagai orang tua melarang anak terhadap sesuatu, harus disertai dengan solusi. Karena akan membantu mencegah perbuatan buruk ke hal baik. Contoh minuman khamr dialihkan ke minum sehat, tontonan tidak benar ke tontonan benar, dikontrol, serta dibatasi.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments