BOOK OF HAPPINESS: Berpikir Besar untuk Bahagia

By chikitadinda - 12.00

Setelah di bab sebelumnya kita didorong untuk punya mimpi sebagai tujuan, di bab ketiga ini lebih banyak membahas soal keyakinan.

Gimana caranya punya keyakinan yang benar?
Kita harus mengubah keyakinan secara sadar. Misalnya, dengan ngubah keyakinan kita yang salah.

Buat mempertebal keyakinan kita bisa lakuin yang namanya incantation, kayak mantra kata-kata emosional yang kuat yang bikin kita percaya. Kita bisa merapalkan terus-menerus pada diri sendiri.

Contoh, “Nggak ada kata gagal. Yang ada cuman sukses dan belajar.
Atau bisa juga sesimpel, “Aku pasti bisa!”.

Kita harus lakuin segala tindakan dengan keteguhan hati dan ngutamain intuisi sama optimisme. So, impian kita bisa bener-bener jadi kenyataan.




Bentar deh bentar, apa hubungannya keyakinan ama kebahagiaan yaa???

Gini.
Pikiran kita itu bakal nentuin apa yang kita kerjain. Apa yang kita kerjain nentuin apa yang kita hasilin. Kebahagiaan ini ngga sekedar kita mau ato cuma kebetulan bisa terjadi. Tetapi kita yakin nih pengen buat bahagia. So, arahin semua pikiran ke hal-hal yang positif yang bakal ningkatin kepercayaan diri. Peduli sama kemampuan diri sendiri buat ngeraih apa yang kita impikan. Nantinya, kebahagiann bakal tergantung sama seberapa besar keyakinan yang kita punya.

Selain keyakinan, kita juga harus biasain diri buat ngambil risiko. Nah, tertampar lagi gue saat baca ini. Berhubung gue anaknya paling ngehindarin risiko banget tipenya. Karena memang bener kalo tempat yang aman dan kondisi yang nyaman tuh bisa bikin stagnasi, dan itu nggak baik buat perkembangan jiwa. Kita harus berani buat ngalamin gagal karena kegagalan ini yang bakal ngasih kita banyak pelajaran berharga.

Kita harus punya sikap optimis. Mandang masa depan harus penuh harapan. Kita harus belajar buat ngelihat hambatan sebagai tantangan yang harus ditaklukin dan masalah itu kesempatan buat memperkuat karakter kita, lho. 



Kebahagiaan itu bukan nasib. Bahagia itu sesuatu yang hanya bisa capai dengan usaha. Perlu diinget lagi kalo nggak ada orang gagal. Yang ada adalah orang yang memutuskan untuk berhenti sebelum mencapai kebahagiaan.

Kalo kita berpikir dan berjiwa besar, kita bakal berada di arah yang benar menuju kebahagiaan. Kita harus memastikan selalu berpikir dan berjiwa besar dalam setiap kegiatan yang ditekuni, supaya kita jadi besar.

Lakuin hal-hal biasa dengan cara-cara yang luar biasa supaya kita dikenal orang sebagai orang yang luar biasa..~

Kasih sentuhan khusus disetiap hal yang kita lakuin..~

Kasih semangat dan keyakinan akan kebahagiaan pada diri ketika ngerjain tugas..~ 

Pada akhirnya, kita bakal bahagia.


Berpikir besar disini adalah berpikir tentang kesuksesan, kemanfaatan, mendapatkan apa yang dimau, sistem yang lebih baik, masa depan yang gemilang. Kemampuan berpikir besar bakal ngasih keajaiban kalo kita mau ngubah diri jadi lebih baik, belajar dari kesalahan, dan konsisten tanpa kenal lelah dalam kehidupan.

Jangan sampe kita malah jadi fokus sama pikiran-pikiran kerdil kayak: nggak bisa, nggak mungkin, susah, buruk, berantakan, dll. Padahal berpikir kerdil juga sama-sama menuhin memori kita. Orang yang berpikir kerdil bakal terganggu sama hal-hal kecil yang sebenernya nggak bakal berakibat apa-apa kalo kita abaikan.~
“Orang yang pinter membuat alasan adalah orang yang kurang pinter buat hal lain.” -Benjamin Franklin



Buku: Book of Happiness - Segalanya Tentang Makna dan Cara Mencapai Kebahagiaan
Penulis: Gyta Sartika

---
#KeterampilanLiterasi
#BundaSayangBatch7
#TantanganZona5
#InstitutIbuProfesional

  • Share:

You Might Also Like

0 comments