Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa

By chikitadinda - 12.00

Hai Sobat Micin sekalian,

Selamat menjalankan ibadah puasa yaaa..
Semoga dilancarkan sampai akhir dan tetap punya nafas Ramadhan di bulan-bulan berikutnya.

Anyway, gue mau ikutan challenge menulis dari Blogger Perempuan nih. Jadi bakalan ada tulisan rutin dengan tema-tema menarik di blog jajanmicin kesayangan...gue sendiri *lol.

Anyway,
di tema keduapuluh tiga kali ini gue mau share tentang tips meningkatkan produktivitas saat puasa..

Pada penasaran nggak sih? Nggak, ya? haha


Puasa saat pandemi jelas kadang bikin males-malesan. Seringkali malah jadinya nggak produktif dan goler-goler aja di tempat tidur sambil nunggu waktu berbuka. 

Biar tetep produktif meskipun melakukan ibadah puasa, guemau kasih beberapa tips nih buat kalian semua. 


Mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka
Tips agar tetap produktif saat berpuasa yang pertama adalah pastikan kalian mengonsumsi makanan yang sehat baik itu saat sahur maupun berbuka. 

Soalnya, makanan yang kita konsumsi tentunya akan berdampak besar terhadap tubuh kita.

Hindari makanan yang berminyak terutama saat sahur karena bisa membuat kita mudah merasa haus dan lemas. Pilihlah makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup, yaitu dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan segar. Terutama buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak. 

Dan saat berbuka puasa jangan langsung makan makanan berat namun cukup dengan minum air putih dan kurma. Setelah itu baru makan makanan besar dengan porsi yang secukupnya.

Jangan tidur setelah sahur
Tips agar tetap produktif saat berpuasa yang berikutnya adalah usahakan jangan tidur setelah sahur. Seringkali tidur setelah sahur membuat kita bangun kesiangan dan terlambat solat subuh. Hal itu membuat aktivitas lain menjadi ikut berantakan. Lebih baik jika kita mengakhirkan waktu sahur agar bisa lanjut ke sholat subuh. Setelah itu, kita bisa mengerjakan beberapa pekerjaan penting karena di pagi hari setelah sahur energi kita masih penuh, sehingga pekerjaan bisa terselesaikan secara maksimal.

Membuat daftar kegiatan
Buat kalian yang bekerja di rumah aja atau di kantor, jangan lupa untuk membuat daftar kegiatan sehari-hari. Mulai dari kapan waktu untuk bekerja, membaca Alquran, olahraga, masak untuk keluarga, bersih-bersih rumah dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita bisa paham apa saja yang perlu dikerjakan setiap harinya agar terhindar dari malas-malasan dan tidak produktif.


Istirahat yang cukup
Seringkali saat berpuasa tubuh kita menjadi lemas terutama di siang hari. So, kitaperlu mengatur waktu istirahat agar tubuh tetap fit.

Usahain untuk tidur yang cukup saat berpuasa agar tidak lemas dan tetap fokus di siang hari. Hindari lembur atau begadang di malam hari dan manfaatkan waktu istirahat siang untuk istirahat sejenak. Dengan begitu, stamina kita akan tetap terjaga dan bisa tetap produktif setiap harinya.

Olahraga ringan
Tips agar tetap produktif saat berpuasa yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga ringan secara rutin. Seperti jogging, yoga, stretching ringan, sit up, jalan kaki, dan bersepeda. 

Pilih aja waktu yang sesuai untuk berolahraga khususnya saat menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh kita akan tetap fit dan bugar sehingga bisa tetap produktif setiap harinya. Selain itu, dengan berolahraga secara rutin juga bisa menjaga imunitas kita sehingga tidak mudah sakit.













  • Share:

You Might Also Like

0 komentar