7 Hal yang Harus Dilakukan Mumpung Masih Single

By chikitadinda - 14.53

Hi Sobat Micin kebanggaan mama-papa.


Kembali lagi di postingan gue di Sabtu yang cerah ini. Kali ini gue mau share hal-hal yang wajib banget kalian lakuin mumpung kalian masih single alis belum menikah. Baik yang udah punya pacar, ataupun yang masih jomblo (hihi).

Apalagi buat yang masih jomblo, daripada tenggelam dalam pikiran "kok gue masih jomblo aja sih", "gue kapan sih punya pacar", "kok kayaknya ngelihat temen main sama pacarnya mulu jadi pengen", dan segala tetek bengek tentang pasangan, mending kalian sibuk melakukan kegiatan positif lainnya.

Karena sebenarnya kalo kamu lihat lebih jauh lagi, saat-saat single merupakan peluang terbaik kalian buat eksplor dunia dan diri kalian sendiri, tauk.



Sooo,
Hari ini gue bakal share ke kalian 7 (tujuh) hal yang harus banget kalian lakuin mumpung masih single. Dijamin deh, bisa ngilangin rasa bosen dan meningkatkan kualitas diri.

1. Baca Banyaaakk Buku

Percayalah jadi single itu makhluk bahagia, lho. Mereka punya banyak waktu buat dirinya sendiri. Jadi, jangan lupa buat baca buku.

Karena faktanya, ketika status Ibu atau Ayah sudah ada di diri kalian, kesempatan untuk baca itu dikiiitttt banget.

Waktu bakal didominasi sama pekerjaan domestik (rumah) yang numpuk. Udahlah kalo punya anak juga lebih-lebih lagi rempongnya.

Emang, apa yang perlu dibaca?

Apaaja! Kita nggak akan pernah tahu kapan ilmu dari buku yang kita baca itu tiba-tiba jadi begitu penting dalam kehidupan kita.

Percayalah single itu lebih punya kesempatan menggali ilmu lebih banyak. Sementara jadi Ibu/Ayah adalah output dari praktik bacaan yang pernah kita baca.


So, mumpung masih single, banyak baca yok!


2. Belajar Banyak Hal Baru

Kalian akan punya banyak waktu untuk eksplor kehiatan-kegiatan yang belum pernah kalian lakukan sebelumnha. Kalian bisa ikut kegiatan seni, les kemampuan bahasa, daftar kelas zumba. Selain itu, kalian juga bisa gabung sama komunitas kayak fotografi, kuliner, olahraga, bahkan komunitas upgrade skill lainnya.

Sebagai contoh, gue juga sering ikutan komunitas di kota tempat gue tinggal. Dari komunitas blogger, komunitas relawan ngajar, sampai ikut event-event jadi volunteer. Untuk upgrade skill, kalian bisa ikutan webinar/online course/kursus offline. Selain itu, kalian juga bisa ikutan komunitas Gapura Digital yang selalu aktif bikin event tiap weekend. Komunitasnya tersebar dibeberapa kota di Indonesia kok. Gue lanjut dulu ikut di Malang sekarang di Bandung juga ikutan.

Mulailah gerak dari sekarang. Menjadi pemuda/i aktif sangat bagus buat kesehatan dan kebahagiaan emosional kalian. Selain itu, hal ini bisa bantu kalian untuk lebih memahami kehidupanmu dari perspektif baru.


3. Temukan Caramu Bahagia

Setiap orang punya caranya sendiri untuk bahagia. So, kalian juga harus kenal sama diri kalian lebih jauh sebenernya apa sih yang bikin kita bahagia. Hal itu bisa diketahui entah dari sikap ataupun kebiasaan kalian.

Hanya diri kita sendiri yang lebih tahu tentang diri kita termasuk cara membuat kita bahagia, bukan orang lain.

Jangan pernah menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain. Kalo kita nyalahin orang lain yang buat kita nggak bahagia, sama aja kita nggak bertanggung jawab sama diri kita sendiri. Dan berharap pada orang lain itu bikin kecewa tauk.


4. Kenali Lebih Dekat Dirimu Sendiri

Memiliki status jomblo membuat kamu punya banyak waktu untuk lebih dekat dengan dirimu sendiri. Kamu bisa mencari tahu siapa kamu, apa yang kamu pengen, dan kearah mana kamu ingin bertuju. Kalo kamu nggak suka dimana dan siapa kamu saat ini, ini waktu yg tepat untuk kamu merubahnya.

Kenali lebih jauh tentang dirimu. Apa mimpi-mimpimu, tujuan hidupmu, misi-misi yang ingin kamu capai. Ketika kamu matang dengan dirimu sendiri, akan memudahkanmu ketika hidup berkeluarga nantinya.

Menurut gue pribadi, salah satu hal yang harus dipenuhi sebelum kita menikah adalah selesai dengan diri kita sendiri, baru mulai memutuskan untuk bisa bersama dengan orang lain.


5. Traveling dan Explore Tempat Baru

Mumpung masih jomblo, kalian harus memperbanyak menjelajah tempat baru dan ketemu sama orang-orang baru. Buka pemikiran dan berbagi wawasan. Kumpulin foto sebanyak-banyaknya. Simpen semua kenangannya karena kalian pasti bakal ngerasain sensasi rasa seneng mengabadikan foto itu suatu saat nanti.

Apakah ketika udah berkeluarga nggak bisa traveling? Sebenarnya bisa-bisa aja, tapi nggak maksimal.

Nggak perlu jauh-jauh traveling keluar negeri kok, di kota-kota terdekat atau bahkan tempat wisata di kota kamu tinggal juga pasti belum sempat kamu explore semuanya, kan?

Bikin rencana tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, berapa lama disana, dan seberapa jauh kalian pergi. Lebih seru lagi kalo kalian sedikit tersesat dalam perjalanan itu. Hal itu bisa meningkatkan kepercayaan diri kalian sebagai seorang wanita dan sebagai seorang solo traveler, lho.


6. Menabung lebih banyak!

Punya banyak gaji saat kerja? Ditabung!

Menjadi single harusnya menjadikan cowok/cewek memiliki pengeluaran yang nggak terlalu banyak lho. Sisihkan diawal beberapa persen dari gaji untuk masa depan.

Faktanya, kemampuan menabung cowok single lebih terarah dibanding cewek single, lho. Kenapa?

Karena cowok single lebih realistis dan mikirin biaya nikah. Sementara cewek single? Mereka cenderung ngabisin duitnya untuk shopping supaya dirinya terawat. (sebagian lho yaa bukan semua cewek single) wkkw

Sooo,

Harusnya kalian para jomblowan-jomblowati punya kesempatan banyak untuk menabung. Belum ada interupsi dari biaya pendidikan anak, biaya susu, peralatan bayi, dsb.


7. Kesempatan Dekat dengan Orang Tua

Masih single dan masih memiliki orang tua adalah nikmat yang luar biasa. Kalian bisa melakukan apapun untuk membuat mereka bahagia.

Bakti seorang anak lelaki selamanya terikat pada Ibunya. Maka bahagiakanlah Ibumu selagi kamu belum menikah dan memiliki kewajiban memberi nafkah pada istrimu.

Ketika sudah menikah, bakti utama seorang perempuan jatuh kepada suaminya. Maka, bantulah Ibumu melakukan pekerjaannya selagi kamu masih single.


Yupssss,

Itulah 7 hal yang harus kalian lakukan mumpung masih single versi gue. Nggak perlu galau terus-terusan jodoh nggak kunjung datang. Daripada waktumu habis untuk memikirkan hal-hal tersebut, mending kamu ngelakuin hal-hal positif seperti yang gue jelasin tadi. Nggak ada ceritanya orang telat nikah. Allah udah sangat adil menuliskan pertemuanmu dengan jodohmu.

Nggak perlu terus-terusan gelisah, apalagi ketika lingkungan seperti membombardir dengan pertanyaan-pertanyaan yang sama. Karena bagaimanapun jika belum waktunya berjodoh kamu nggak bakal menemukannya, jodoh nggak bakal dateng ke kamu.

Allah akan mendatangkan jodohmu saat kamu memang sudah sama-sama siap dan sama-sama membutuhkan. So, tetep tenang saat masa menunggu dan berbaik sangka aja sama Allah. Itu bakal buat kamu baik-baik aja. Fokus menjadi pribadi lebih baik, karena Allah akan memberimu yang terbaik bila sudah tiba waktunya.

Rumah Tangga itu nggak sereceh yang kamu bayangin. Percaya deh. Bahkan beberapa orang yang udah berumah tangga pasti suatu saat bakal rindu masa singlenya dulu. Masa ketika bisa bebas bereksplorasi, memiliki banyak waktu, memiliki banyak bakat dan itu hanya terjadi sekali seumur hidup. Single itu tidak bisa diulang-ulang! Merdeka Jomblo! HAHA.


In the end, semoga apa yang gue share bermanfaat buat kalian yang baca yaaa. Percayalah jodoh akan datang begitu saja jika kita ‘berusaha’ maksimal melakukan yang terbaik #Uhuy.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar