Cerita Belajar tentang Pola Hidup #zerowaste

By chikitadinda - 15.13

Cerita ini sebenernya udah lama gue pendem, pengen banget meluapkan tapi masih belum nemu temen yang tepat (sempet kemaren curhat colongan ke kakak).

Jadi ceritanya gue lagi belajar tentang pola hidup #zerowaste. Tidak lain dan tidak bukan yang ngenalin ya tetep kakak gue. Selama di Batam dia ceritaaa terus tentang program dia ini. Sampe ke Faris sama Irbadh juga dia kenalin ke pola hidup ini. (Lebih lengkap bisa baca blog kakakku disini: link)



Singkat cerita dari apa-apa yang udah dia ceritain, hasil dari grup WA yang diajarin di share ke gue, dia lakuin di rumah, di suruh bantuin bikin beberapa perlatannya juga,  gue jadi penasaran dan follow orang yang lebih dulu menjalani program #zerowaste di Instagram, salah satunya mba @dkwardhani. Gue juga follow komunitas world merit karna salah satu concern SDGs juga linear dengan #zerowaste.

Gue nggak yang langsung secara drastis melakukan program #zerowaste ini. Semuanya berproses. Dari yang gue mengubah kebiasaan tiap bulan beli tisu nice yang 1000 lembar itu, sekarang jadi beli tisu yang 200 lembar itu pun nggak habis sampe separo dalam satu bulan. Sebuah peningkatan sih buat gue yang apa-apa harus pake tisu. Ngelap alat makan pake tisu, ngelap debu pake tisu, apa-apa tisu.

Terus gue juga mengubah kebiasaan yang biasanya beli makan pake nasi bungkus, gue bawa sendiri tupperware dan gue bawa ke kampus. Selain sampah dari kertas minyak yang biasanya gue hasilkan jadi berkurang, kantong plastik juga gue nggak pake karna gue selalu bawa tas kertas yang isinya tupperware makan sama botol minum 1L buat seharian di kampus.

Masalah kantong plastik pun gue jadi lebih concern. Kalo belanja sekarang jadi bawa tas sendiri yang dari kain itu. Buat mengantisipasi biar nggak ketinggalan, harus paling nggak ada 1 tas di jok sepeda motor. Berhubung tas kain gue banyaaakkk banget dari event-event gitu, jadi sangat sangat membantu banget.

Yang masih menjadi produksi sampah gue di kosan adalah kapas. Karna kalo setiap pulang kampus gue nggak bisa kalo nggak ngebersihin muka pake kapas. Paling nggak gue cuma pake 1 kapas 1 hari sih. Tapi sekali lagi itu pun gue sudah nggak pake tisu lagi. Dulu abis cuci muka langsung pake tisu 3 lembar buat ngeringin wajah. Gue sekarang nyediain handuk khusus buat wajah.

Yang masih dalam wishlist gue sekarang sih mau beli sedotan aluminium yang bisa di pake berkali kali itu. Masih belum nemu mau beli dimana dengan harga yang cocok.

Semoga kedepannya bisa terus konsisten untuk ngelakuin hal-hal baik ini hingga jadi kebiasaan~~

  • Share:

You Might Also Like

0 comments