Tantangan 7 Zona 6: Memulai Pendidikan Seksualitas untuk Anak

By chikitadinda - 00.00

Judul video: Memulai Pendidikan Seksualitas untuk Anak
Narasumber: Anindya Dewi Paramita, M.Psi
Sumber: Nakita Channel



Membicarakan hal-hal seputar seks masih dianggap tabu oleh banyak orangtua. Padahal edukasi seks krusial untuk pertumbuhan Si Kecil dan kehidupannya hingga dewasa nanti. Kita sebagai orang tua perlu membahas tentang kesehatan seksual pada Si Kecil. Dalam video ini seorang psikolog membahas cara tepat memulai pendidikan seks untuk Si Kecil.

Sebenarnya pembicaraan mengenai seksualitas dan reproduksi tidak bisa dihindari. Ada ortu yang menganggap pembicaraan ini tabu. Padahal sebenarnya nggak papa membuka pembicaraan ini dari kecil.

Karena kalau nggak ada pembicaraan ini, dan udah gede ditodong untuk membicarakan ini anak menjadi risih jika tiba-tiba membahas ini.


Anak-anak diajarkan bahwa ada bagian tubuh yang privat hanya boleh dipegang oleh diri. Selalu ingat juga bahwa badan kita punya kita sendiri bukan orang lain. Jika ada yang menyentuh kita bisa menolak. Kita juga bisa ajarin anak bilang nggak mau dan bertahan dengan kehendaknya. Kita juga ajarkan anak untuk bicara apakah anak merasa sedih, atau hal-hal yang rahasia bisa diceritakan ke orang tertentu. Terakhir, apapun yang terjadi boleh bicara dan disampaikan agar bisa dibantu kalo ada kesusahan.

Hal ini yang dilakukan agar anak bisa paham.

Dari umur berapa idealnya orang tua membicarakan seksualitas kepada anak? 
Ini sebenarnya sedini mungkin. Tapi bisa disesuaikan dengan tahapan umurnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments