Tantangan 8 Zona 6: Membicarakan Seksualitas Bersama Anak

By chikitadinda - 00.00

Judul video: Membicarakan Seksualitas Bersama Anak

Narasumber: Anindya Dewi Paramita, M.Psi
Sumber: Nakita Channel


Si Kecil akan tumbuh besar, semakin dewasa dan akan menjelajah dunia sendiri. Hal yang tidak luput jadi perhatian adalah tentang kesadaran kesehatan seksual, dan perilaku seksual. Tak perlu ragu membicarakannya, karena edukasi seks adalah ilmu penting untuk anak. Seperti apa hal-hal yang perlu dibahas? 

Apa aja sih yang harus orang tua lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan?
Kalau anak mulai udah suka-sukaan, perlu ada pembicaraan soal itu. Ortu bisa tanya siapa temen dekatnya, main apa, dll. Nanti ortu bisa menjelaskan bagaimana bentuk inetraksi yang tepat. Nggak bisa kalo cuma dilarang tanpa memberikan penjelasan kenapa tidak boleh.



Untuk memulai membicarakan jenis atau macam-macam pelecehan seksual pada anak bisa dilakukan sedini mungkin. Ketika kita udah mulai mengajarkan anggota tubuh ke anak-anak, bisa dibekali mana yang boleh dan tidak boleh dengan bahasa yang disesuaikan. 

Jika orang tua sudah terlambat belum membicarakan masalah seksual pada anak, orang tua harus memastikan terlebih dahulu sejauh mana pengetahuan anak dengan bertanya dan diskusi lebih dulu. Sejauh mana anak tahu dan paham. Meskipun hal itu tidak nyaman didiskusikan, satu hal yang pasti orang tua harus siap dulu. Artinya, orang tua perlu merasa yakin bahwa dia nggak papa membicarakan ini. Tahu cara menjelaskannya, dan siap untuk tahu anaknya tahu sampai apa. Anaknya tahu apapun harus disiapkan baik secara mental ataupun lainnya. Harus mengelola rasa risih dan segan agar nyaman membicarakan itu dengan anak.

Supaya anak bisa jujur, buat atmosfer yang nyaman dengan anak sejak dini. Ketika terbiasa ngobrol, bertukar pendapat, nanti anak bisa terbiasa untuk nyaman ngobrol dan mengkomunikasikan. Rasa percaya dan nyaman perlu di pupuk dan dibangun sejak lama.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments