GRATIS JURNAL RAMADHAN 1441 H. TINGGAL DI PRINT AJA!

By chikitadinda - 21.02

Hi temen-temen!

Balik lagii di postingan jajanmicin yang bagiin printable gratisan!!! Kalo mau download Free Printable lainnya bisa langsung cus kesini ya.

Btw, ini udah mau masuk Bulan Ramadhan. Nggak kerasa bangetttt ga sii. Perasaan baru kemaren gue bikin project Jurnal Ramadhan yang serupa.

Tujuannya masih sama, gue kepengen kalian semua juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang gue lakukan. Biar kita bisa memaksimalkan ibadah di bulan penuh berkah ini.

Nah, karena pas polling Instagram kemaren banyak dari temen-temen yang milih untuk refresh lagi Free Printable Jurnal Ramadhan yang 1440H, gue mewujudkan itu di postingan ini. Yeeeee, tepuk tangan dong :)))


Gue bikin Jurnal Ramadhan ini lebih banyak bagiannya dari sebelumnya. Ini yang gue bikin ukuran A5 jadi kalian bisa print sendiri di kertas A4 terus kalian bagi dua atau terserahlah atur aja bebaskaannn.

Di postingan kali ini gue bakal jelasin gimana cara isi jurnalnya yaaa. Semacem manual book lah. Daripada bingung, langsung cus...

Bagian 1: Jurnal Harian

Di template kedua ini ada beberapa bagian yang bisa kalian isi.

Pertama, di kolom Bacaan Alquran kalian bisa tulis surat dan ayat yang kalian baca hari itu yang paling ngena dan jelasin, kalian dapet pelajaran apa dari ayat tersebut. Harapannya, nanti kalian bisa rajin baca Alquran (katam lebih dari 1x juga lebih bagusnya) dan syukur-syukur bisa diamalin kan tjackep.


Kedua, di kolom tanggung jawab kalian bisa tulis apa aja yang kalian lakukan seharian tadi yang menurut kalian salah dan harus dievaluasi. Paling nggak kalian harus bisa tidak mengulanginya di kemudian hari dan bisa bertanggung jawab, ‘kenapa kok tadi gue ngelakuin itu, ya’.

Ketiga, di kolom bersyukur kepada Allah SWT kalian bisa nulis sebaliknya, yaitu apa aja yang kalian lakukan seharian tadi yang menurut kalian bener dan harus kalian syukuri. Intinya sebenenrnya buat semangat biar kalian bakal ngelakuin hal-hal tersebut secara rutin meskipun sebenernya yang kalian lakuin simple banget, kayak senyum ke orang (bagi gue yang susah senyum itu bakal menjadi pencapaian besar).

Nah, template ini bisa kalian print sebanyak 30(tigapuluh) lembar karna ini ngisinya bakalan per hari gitu. Diatas juga gue kasih ruang buat kalian tulis hari keberapanya

Bagian 2: Jurnal Mingguan

Nah, dibagian ini kalian bisa track aktivitas harian dalam satu minggu yang akan kal8an lakukan.


Harapannya, kalian bisa lebih terjadwal untuk ngelakuin ibadah untuk nambah pahala yaa.
Selain itu, kalian bisa nentuin perbaikan diri apa yang akan kalian fokus untuk lakukan di minggu itu, di kolom "fokus".

Misal, pengen lebih banyak sabar. Nah ini akan nyambung di kolom dibawahnya.

Di kolom ToDo ini, kalian bisa breakdown apa yang akan kalian lakukan untuk secara praktik mewujudkan perbaikan diri yang kalian tulis di kolom "fokus".

Nah, di kolom note, kalian bisa tambahin beberapa catetan aja siii. Itu up to you mau isi apa.

Bagian 3: Tabel Sholat *Sunah

Sebenernya ini juga buat penyemangat biar kita ngelakuin sholat sunah lebih banyak, sih. Kalau sholat wajib kan emang ya udah wajib ya, harapannya secara otomatis udah ke checklist penuh buat urusan sholat wajib.

Buat makin semangat kalian bisa bikin reward buat kalian sendiri, misal, kalo dalam sehari udah ful sholat wajib + 5(lima) kali sholat sunah, kalian bakal buka puasa pake makanan favorit kalian, atau nggak misal terawihnya bisa ful 23 rekaat, kelarnya minum es teler kan sabi tuh. Gitu deh, buat aja se-fun kalian.


Ini di template ketiga ada dua lembar karna gue pisah jadi dua ya harinya, jadi 15-15 hari karna ga cukup kertasnya. Sama halnya kayak...

Bagian 4: Tabel Muhasabah

Nah, dibagian terakhir ini gue kepikiran bikin karna sesuai banget sama apa yang di katakan oleh Sahabat Rasulullah saw, Umar bin Khattab ra:

"Hendaklah kalian menghisab diri kalian sebelum kalian dihisab, dan hendaklah kalian menimbang diri kalian sebelum kalian ditimbang, dan bersiap-siaplah untuk hari besar ditampakkannya amal”

Semoga dengan adanya tabel ini bisa mengerem kegiatan/sikap negatif yang perlu kalian hindari. Dan siapa tau bisa jadi habbit meskipun nantinya Bulan Ramadhan telah berakhir.

Udah kali ya, palingan itu doang yang gue jelasin soal Printable Jurnal Ramadhan kali ini. Oh yaa, kalian bisa download secara GRATIS di link dibawah yaa.

Jangan lupa buat di share ke temen-temen yang lainnya biar makin seru Ramadhan-nya, dan jugaaa..jangan lupa untuk melakukan Ramadhan sebaik-baiknya. Anggep aja kayak Bulan Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan terakhir kalian.

Selamat Berpuasa!!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar