2020, InsyaAlloh Lebih Berkah

By chikitadinda - 23.50

Alhamdulillah,
Alhamdulillahirabbilalamin, nyatanya gue masih dikasih nikmat oleh Alloh bisa menghabiskan tahun 2019 dan mengisinya dengan luar biasa.

Bertemu lagi di postingan dengan label #AkhirTahun, yang sebenernya nggak gue nanti-nanti tapi perasaan cepet banget waktu berlalu, udah nulis label ini lagi.

Seperti biasa, gue akan menengok kebelakang, mereview kembali apa yg udah gue lakuin di 2019 dan apakah beberapa list yang masuk di postingan tahun lalu, sudah terpenuhi atau belum. Bukan apa-apa, ini gue jadikan wujud syukur atas apa yang telah gue lalui, baik berhasil atau tidak, selama setahun.

Dimulai dari bulan Januari. Gue pulang dan liburan karna akhirnya setelah peluh berkepanjangan, Chiki bisa menutup tahun 2018 dengan sempro di Bulan Desember.

Setelah itu di akhir Bulan Januari cus ke Batam bantuin kakak gue lahiran anak ketiganya. Wow! MasyaAlloh, ponakan udah 3 aja ternyata. Terus menghabiskan kurang lebih satu bulan untuk pembelajaran lain dengan kakak gue.

Gue bener-bener ngelepasin skripsi dan berniat untuk refreshing dulu, baru kemudian pas libur berakhir gue bisa fokus ngelarin bab 4-5.

Baca Lainnya: Akhirnya Gue LULUS!

Oh iya gue lupa, di awal tahun sebelum terbang, gue sempet jalan-jalan ke Gunung Bromo sama temen-temen SMA. Finally, setelah ngidam dari jaman maba, di langkah terakhir gue (baca: skripsi) bisa terwujud. Gue naik motor beat kesayangan yg ternyata dia kuat juga dibawa naik ke bromo wkwk

Harapan2020: Bisa lebih banyak mengunjungi tempat-tempat indah di Bumi, agar selalu bersyukur dan kagum atas ciptaan-Nya

Setelah itu masuk Bulan Februari. Bulan kelahiran gue.

Baca Lainnya: Dua Puluh Dua

Di bulan ini gue seperrinya ga ada kegiatan yg spesial sih. Cuman yg akhirnya terjadi setelah sekian lama adalah blog gue jadi .com wkwkw. Salah satu goal tahun lalu akhirnya tercapai.

Sebenernya dari dulu pengen banget ngedotcomin biar makin semangat nulis, bisa ikut beberapa lomba nulis yg ada syarat TLD. Alhamdulillah ada rejeki, abis ada kerjaan nulis di salah satu perusahaan dan akhirnya uangnya buat modal .com deh wkkw

Harapan2020: Ayooo, mulai semangat lagi nulisnya. Udah dotcom harusnya bisa lebih komitmen dan ikutan kompetisi blog lagi biar balik modal hahahah

Lanjut Bulan Maret, gue mulai mikir untuk harus olahraga yang bener. Dengan adanya perskripsian  dunia ini gue merasa harus menyayangi badan. Ngerjain terus di depan leptop di Upnormal ampe malem/subuh, tidur bentar, ke kampus lagi. Bimbingan, ke perpus, begitu terus tiap hari gue merasa nggak sehat. Gue mulai mencoba untuk lari dari kenyataan wk. Meskipun olahraga yg paling gue benci karna bikin engap adalah lari. Tapi olahraga ini paling murah. Cuman keliling komplek kosan aja gue bisa olahraga dan tubuh agak fit.

Alhamdulillah sampai sekarang masih nyempetin lari disela sela sibuk kerja, ikutan RIOT biar semangat buat lari 5km. Kadang kalo ga sempet yaudah lari di komplek kos aja di akhir minggu.

Harapan2020: Rutin lagi olahraga, meskipun udah nggak ada tempat yoga senyaman (baca:semurah wkwk) UB sport Centre. Yok, komitmen lari biar sehat!

Hanyalah sebagian 2019-ku

Selain itu, di bulan ini gue dapet rejeki yang MasyaAlloh banget, tiada hentinya gue bersyukur dikasih nikmat dan kesempatan gede buat dapet project dari salah satu perusahaan yg sedang melakukan web development, buat jadi Freelance UI Designer. Moment ini bener-bener gila sih karna gue gapunya background desain sama sekali, gabisa Ai (yg notabene desain figma lebih compatibel pake Ai) dan gue terima aja tawaran itu. Tapi ya itulah gue, nggak bisa bilang nggak pada kesempatan untuk terus belajar.

Next di bulan April, gue baca buku Om Piring "Filosofi Teras", dan nyatanya belio ada bedah buku di Gramedia Malang, cus gue dateng dan minta tanda tangan sekalian foto. Sumpah, buku ini masuk list rekomendasi buku yg harus kalian baca!

Dan juga yg tak kalah penting, diantara kesibukan gue (yg ga sibuk2 amat), setelah berkali kali nyoba aplot dan menunggu karna file yg nggak kebaca di spotify, gue berhasil juga aplot potcast perdana di spotify.

Sebenernya sebelumnya gue udah pernah bikin dengan nama "Podcast Mahasiswa Biasa" (sekarang dah gue ganti Podcast Bagi Ruang)  di Soundcloud, di tahun 2017. Tapi belum gue rutinin isi. Sampai akhirnya di tahun ini gue mulai komitmen untuk share podcast tiap hari Minggu pukul 19.00. InsyaAlloh, semoga selalu istikomah dalam kebaikan.

Harapan2020: Pertahankan untuk selalu komitmen aplot potkes setiap minggu!!!! Semangat rekaman dan ngedit hahah

Di Bulan Mei, Alhamdulillah bisa bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan, sempet bikin project kecil-kecilan Free Printable Jurnal Ramadhan.

Baca Lainnya: FREE Printable Ramadhan Journal

Dari dulu punya rencana buat bikin jurnal atau notebook bikinan sendiri yg bisa dijual tapi ya belum sepenuh hati jadinya hold dulu wkkw. Doain yaaa. Untuk saat ini gue masih berbagi cuma-cuma aja ke temen-temen sebagai wujud sharing dan kesenengan gue bebikinan jurnal lucu-lucu macem gini. Manfaatin aja mumpung gratis wkwk

Harapan: lebih sharing berbagi jurnal gratis!!!
Jurnal lainnya bisa kalian download gratis disini ya...

Baca Lainnya: FREE DOWNLOAD: PRINTABLE IKIGAI DIAGRAM

Baca Lainnya: Bagaimana Menemukan Jati Diri? (FREE PRINTABLE GOALSHEET)

Selain itu, di tanggal 13 Mei tahun ini, Alhamdulillah, sekali lagi gue tanpa hentinya bersyukur atas nikmat Alloh, akhirnya gue bisa kompre! Ujian gue lancar meskipun dapet dosen penguji ter killer di minat yg gue ambil di tema skripsi. Dosen pembimbing gue pun sangat baik hati dan membantu banget selama proses penelitian hingga akhirnya gue kelar perskripsian ini.

Baca Lainnya: Akhirnya Gue LULUS!

Dan di pertengahan tahun, Bulan Juni. Gue akhirnya bisa Yudisium dan benar-benar sah mendapatkan gelar S.AB. Setelah itu besoknya langsung caw ke Bandung buat kerja. Sekali lagiiiii, dan akan terus begitu, gue mengucap syukur pada Alloh karna telah memberikan nikmat yang begitu besar pada gue. Ngasih kesempatan yang tak ternilai buat gue. Disaat temen-temen yang lain masih berjuang dengan skripsi, yang udah lulus berjuang nyari kerja, gue udah ditawarin kerja dari sebelum gue lulus :")

Alloh telah memberi banyak kesempatan buat gue untuk berkembang, melalui Mas Melvin, founder serta CEO Finansialku dan Pak Mario yang udah percaya buat narik gue bergabung di perusahaan mereka. Meskipun sebelumnya gue galau setengah mati mau terima atau hold dulu😁

Di Bulan Juli gue udah mulai kerja dan beradaptasi dari lingkungan kuliah ke lingkungan kerja. Merantau yang bener-bener merantau ke barat dan jauh dari orang tua. Disini gue baru ngerasain ngerantau yang beneran. Selama kuliah di Malang gue merasa masih bisa sering pulang dan berteman sama orang-orang yang berasal dari Trenggalek, kota gue. Disini, gue bener-bener ada di hutan liar yangg nggak kenal siapa-siapa, nggak ada keluarga, nggak ada sodara.

Di fase kerja ini pun gue mempunyai kesempatan belajar yang banyyaakk banget, gue bisa dengan mudah akses buku, baca banyak buku, upgrade skill dengan online course. Di tahun ini total gue baca buku mencapai 17+ buku!! (gue belum hitung pasti jumlah bukunya berapa, gue cuma inget2 dari postingan instastory gueπŸ˜‚)

Harapan2020: Tambah lagi jumlah buku yang dibaca!!! Banyakin sharing hasil baca biar ilmunya nyerap. FYI, gue sering sharing di ig/blog ttg sesuatu yg baru gue pelajari/baca/apapun bukan buat sok2an paling ngerti, cuman cara belajar gue emg gitu, learn by sharing. Gue bisa dengan baik menyerap ilmu setelah gue sharing ke orang lain. Semoga makin sering sharing ya! Artinya, gue makin banyak belajar :")

Di Bulan Agustus, gue mulai beraniin untuk investasi reksadana. Selain buat belajar untuk berinvestasi, gue juga merasa perlu untuk lebih memahami apa yang gue sampaikan (through content) yg gue buat untuk komunitas saham dan reksadana yg gue kelola di kantor.
Selain keilmuan ttg marketing, gue juga banyak belajar soal keuangan khususnya perencanaan keuangan selama bekerja disini.

Gue juga dikasih kesempatan buat eksplor diri. Dikasih tantangan buat bisa nulis series tentang ojek online di website Finansialku. Nyusun ebook properti, pun 4 ebook lainnya yg akan segera rilis.

Baca Lainnya: FinStory Ojek Online Ep 01: Tak Semudah Itu FERGUSO

Selain itu di bulan ini gue camping di Bandung, berempat sama temen kantor gue. Melepas penat diantara rutinitas harian. Alhamdulillah, masih bisa menyisihkan 2 hari untuk dekat dengan alam.

Harapan2020: Keseimbangan hidup saat bekerja dan kehidupan sosial. Makin banyak berkomunikasi dengan orang baru, sisihkan waktu yang cukup untuk liburan tipis-tipis melepas penat.

Lalu di Bulan September, gue akhirnya wisuda. Setelah drama tanggal wisuda yg nggak jelas akhirnya keluar juga pengumuman resmi yg ada nama gue. Alhamdulillah, bisa kumpul bareng keluarga di moment ini!

Selain itu, di bulan ini gue juga berkesempatan buat ngisi webinar tentang softskill di startup bikinan temen gue, zmart.id, tentang networking. Nggak pernah ada bayangan dalam hidup gue untuk sharing soal networking, dimana gue adalah anak introvert, yang alhamdulillah diberi kesempatan sampai titik ini untuk bisa gue share di webinar kali ini

Di Bulan Oktober, gue lebih banyak untuk upgrade diri selain ttg pekerjaan. Gue mulai cari beberapa event dan kegiatan di weekend buat namabah ilmu lain dan berkomunitas, ketemu sama orang baru. Meskipun kadang effort karna venue eventnya jauh dari kosan gue wkwk

Harapan2020: Semangat ikutan event di weekend, upgrade diri, upgrade pertemanan. Banyakin pertemanan positif. Banyakin online course. Sukses toefl 600!!!!

Selain itu gue juga iseng-iseng ikutan komunitas lari RIOT buat men-challenge diri untuk bisa lari 5km. Selama ini gue berada di zona nyaman untuk lari 1-2km aja, di komunitas ini, gue meraih 5km pertama gue! Engap sih wkwkkw

Di Bulan November gue sepertinya mulai sibuk dengan rutinitas kantor yang mendekati akhir tahun kwkw. Beberapa yg gue kerjakan lebih banyak untuk urusan kerjaan. Tapi gue masih sempet buat nyelipin nonton konser Reza Artamevia di Trans Studio Bandung. Sambil refreshing tipis-tipis setidaknya bisa menghilangkan penat dan beban kerja

Dan sampailah di bulan terakhir tahun ini, Desember. Gue sempet ikut event reheart (dari komunitas ibu muda) dan bertemu serta mendengankan sharing seru dengan mba puty (@byputy) , mba astri (@atiit), mba avie (@avieww), dan sophie navita (istri pongki barata) yang sangat menginspirasi!!!

Gue juga pergi ke Jakarta karna outing kantor, main di dufan. Dan thanks untuk 3 hari gue di Jakarta, sukses membuat gue males banget dengan kota ini hahah. Panas gila! Udara nggak seger samsek. Duh, sangat bersyukur gue kerja di Bandung yang masih bersahabat dengan gue :")

Dan di penutupan bulan ini gue terbang lagi ke rumah kakak gue. Menghabiskan tahun bersama keluarga. Mama gue juga terbang kesini meskipun gue duluan yg dateng.

Dan berakhirlah tahun ini. Detik detik menuju kehidupan baru yang gue insyaAlloh udah siap untuk menghadapinya. Mulai review kembali apa apa yang gue mau, apa yg gue ingin capai, jangan sampe salah fokus.

Segala ketakutan gue di tahun 2019 menjadi tak berarti jika gue menyerahkan semuanya ke Alloh. Gue yang awalnya punya ketakutan akan rejeki pekerjaan dengan mudahnya Dia memberi keringanan buat gue untuk dapat pekerjaan, untuk bisa beradaptasi di lingkungan baru. Belajar di lingkungan rimba.

Dan untuk resolusi yg sebelumnya, yaitu pendamping skripsi (haha!), gue bersyukur nyatanya pendamping skripsi gue adalah orang2 yg gue sayang yaitu keluarga dan temen2 deket gue, astaghfirullah, selama ini gue menutup mata. Terimakasih sekali lagi, rasa syukur ku panjatkan telah berteman dengan Irena dan Tita yang selalu support dalam perkuliahan dan penyusunan skripsi gue, jadi tong sampah, temen makan, temen apapun di Malang! Jujur gue kangen kalian :") Meskipun tetep keep contact, rasanya rindu juga.

Dan teruntuk pendamping skripsi (yg sebenernya gue maksut, baca:jodoh), gue udah mulai untuk tidak memasukkan lagi dirimu dalam resolusi. Karna gue yakin, jika rejekinya, Alloh tahu kapan waktu terbaik untuk kita bertemu. Gue nggak perlu memaksa untuk masukin goal gue harus ketemu lo di tahun berapa, itu bukan urusan gue.

Dan untuk selanjutnya, tahun selanjutnya, tahun yang baru, gue hanya berharap, gue harnya berdoa, agar gue selalu berpegang kuat dengan value yang gue bangun. Lebih memahami diri kembali, gue maunya apa, membreakdown kembali apa yg harus gue lakuin untuk mencapai misi hidup gue, lebih fokus lagi.

Dan yang paling penting dan utama adalah dapat menempatkan diri pada fitrahnya seorang perempuan.

Amin.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar