#NgomonginDraKor 01 - Hometown Cha Cha Cha

By chikitadinda - 19.00

HUWAAAAAAA…

Beneran kelar nih, nyampe juga di ujung episode Hometown Cha-Cha-Cha.

Nggak berasa dari awalnya nungguin konfirmasi drama Kim Seonho dari yang katanya ambil drama X, sampe pada akhirnya beneran ambil drama yang female leadnya Shi Min Ah ini.

Sempet nonton film aslinya, Hong Banjang, yang jadi ide awal cerita drama ini. Emang gambaran besar cerita diambil dari sana meskipun tentunya dengan eksplorasi yang lebih leluasa karna modelnya drama 16 episode yaa..

Jujur sebelumnya gue belum pernah nonton drama Shin Min Ah. Nonton Gumiho pun baru beberapa waktu lalu tapi nggak kelar. Karna mungkin drama produksi lama, vibenya udah kurang gitu. Dari sisi penyampaian cerita pun nggak se-berkembang kayak sekarang. Tanpa bermaksud ngebandingin yaa, tapi drama lawas emang terasa lebih lambat dan kadang ada scene yang sebenenrya nggak perlu dimasukin jadi bikin kurang greget karena nggak to the point. Pada akhirnya gue pun nggak ngelarin. Mianhae~

Dan di pertengahan ngabisin drama Homtown Cha Cha Cha ini, gue tertarik sama drama Shi Min Ah yang lain yaitu Tommorow With You. Ditambah, yang bikin semangat adalah yang jadi male leadnya Lee Jaehoon. Drama ini kerennn bangettt. Btw PD-nimnya HomCha ini sama kayak Tommorow With You *Ntar deh gue certain detailnya di postingan lain yaa

Jadi melebar kemana-mana WKWKWK~~



Intinya, gue puas banget nonton HomCha ini..

Secara drama on going memang gregetan karna pasti di akhir episode pengen cepet lanjutin dan tahu cerita selanjutnya. Tapi itulah yang harus dinikmati. Kita disuruh untuk sabar dan nggak tergesa-gesa. Nggak bela-belain begadang dan merusak diri *haha

Seonho udah berkali-kali bilang kalo drama ini healing, dan gue meng-approve statement itu. Meskipun beberapa orang di menfess twitter sering bilang healing macam apa ini, malah stressfull. Tapi ya itulah healing gaes. Pasti ada proses. Sampe kita ketemu sebuah titik, kita pasti laluin ada proses sakit dan nggak enaknya. Pasti ngelewatin proses menyesakkan yang pada akhirnya kita bisa menerima dan legowo.

Buat kalian yang pengen ngelihat kehidupan dari sisi lain, gue akan sangat menyarankan kalean untuk nyoba nonton drama HomCha ini sih..

Rasanya emosinya dicampur aduk antara Bahagia dan sedih.~



Storyline:

Hometown Cha-Cha-Cha ini nyeritain tentang kehidupan warga Gongjin, letaknya di pesisir laut yang kebanyakan warganya orang tua. Jarang banget deh ada anak muda yang tinggal disana. Bisa dibilang drama ini slice of life karna karakternya banyak banget yang digali jadi cerita, semua warganya punya cerita sendiri dan itu di ungkap selapis demi selapis di setiap episodenya.


Karakter:


Seperti yang gue bilang diatas, tokohnya banyak banget yang diceritain. Tapi kalo secara garis besar emang tokoh utamanya Hong Du Shik sama Yoon Hye Jin.


Hong Du Shik (Kim Seon Ho)
Yang biasa dipanggil sama warga sebagai Hong Banjang, pekerjaannya adalah pengangguran. Gue juga bingung awalnya, pekerjaan kok pengangguran. Tapi sebenernya doi nggak bener-bener nganggur sih, malah lebih ke pengangguran banyak acara. Segala pekerjaan doi ambil. Dari jadi nelayan, barista, ampe agen properti. Semuanya dia kerjain dengan upah minimum. Doi juga punya banyak lisensi yang ngedukung pekerjaannya.

Karakternya ramah, suka bantuin orang, bisa diadelin lah pokoknya. Tapi ternyata doi nyimpen kesedihan yang mendalam dalam hidupnya. 

Secara garis besar plot memang mau mengungkap kesedihan apa sih yang Du Shik alami ini. Sebesar apa luka masa lalu yang bikin dia sampe balik ke Gongjin setelah dia menghilang dari Seoul selama lima tahun.


“Banyak hal yang lebih penting dari uang dan kesuksesan di dunia ini”. -Hong Du Shik

Nggak diraguin sih kalo Kim Seon Ho yang meranin ini. Pasti bakal terdeliver dengan baik. Dan gue akuin, sampe episode akhir acting doi luar biasaaa…

Kemungkinan besar karena dia artis teater ya, selain itu gue juga ngelihat dia bener-bener mencurahkan semuanya kalo urusannya sama acting. Jadi kalo buat kasih lima jempol, gue bahkan bisa bela-belain minjem jempol lain.

Apalagi kalo udah scene yang meng-sedih-sedih penuh air mata. Jago banget sih doi bawa suasananya. Kebanyakan bahkan pengambilannya long shot, yang nggak kepotong sama sekali, bisa lebih dari satu menit penonton di bikin dap-dap-hae. Sesak! Karna sedih berlebihan.

Seonho juga selalu kasih detail kecil disetiap aktingnya. Dari yang tone suara Du Shik dibikin rendah jadi lebih deep, sampe scene legendaris dia nahan nangis sambil elus-elus rambut pas Hyung nya ngasih salam waktu peringatan kematian kakeknya.

Mau kasih tepuk tangan meriah dan bilang “kerja bagus, Seonho-ssi!”


Yoon Hye Jin (Shin Min Ah)
Banyak yang sebel ama karakter dia dibeberapa episode awal. Karena katanya terlalu egois, keras kepala, dan kayak kaku banget jadi orang.

Itulah yang sebenarnya terjadi saat kita pertama kali kenal sama orang. Awalnya kita nggak tahu dan nge-framing sifat orang berdasarkan asumsi yang kita lihat dari permukaan. Karna emang kita nggak tahu perjalanan dibaliknya yang bisa ngebentuk orang dengan sifat dan sikap seperti itu di luarnya.

Episode per episode kita lalui pada akhirnya kita jadi paham alasan dibalik sifat dia kayak gitu. Padahal sebenernya dia orang yang hangat dan ceria.

Dia juga banyak bantu warga Gongjin sebagai dokter gigi. Meskipun awalnya kata-katanya tajem bener, tapi dia sebenernya nggak senyebelin itu. Cuman doi nggak bisa nyampein dengan lebih baik aja.


Disini juga kita disuguhin realita interaksi orang kota dengan orang desa. Yang jelas si Hye Jin mengalami culture shock, suasananya jomplang banget. Dia ngerasa kaget dan nggak terbiasa ketemu orang desa yang kelewat ramah.

Peningkatan karakter Hye Jin yang coba disampein sama writer-nim yang gue rasa adalah sedikit demi sedikit dia berubah setelah kepindahannya ke Gongjin. Nggak disadari, Hye Jin ngebiarin dirinya ngelepas selapis demi selapis topeng yang dia pake biar kelihatan kuat.

Anyway, Shin Min Ah juga keren banget sih meranin karakter ini. Nggak diraguin lagi kenapa dia bisa di sebut ratu rom-com, karena paling bisa ngidupin drama romatis-komedi dengan sangat epic. Gue emang belum nonton banyak drama/film dia. Gumiho nggak sampe tamat, oh my venus nggak begitu membekas di gue (dan udah lama banget gue nonton, jaman SMA/awal kuliah ya, lupa). Tapi di Tommorow with You, asli ngebekas banget. Meskipun secara plot cerita perlu mikir ya karna ngomongin soal time travel, tapi acting Shin Min Ah disana mencuri perhatian gue. *kan ngelanjut lagi ke Tommorow With You HAHAHA


Ji PD (Lee Sang Yi)
Nah kalo ini sih yang jadi second lead dalam hubungan Du Shik dan Hye Jin. Di tokoh ini jadi belajar kalo jadi second lead nggak harus teraniaya dan musuhan ato sampe perang rebutan female lead wkkw. Malah hubungan Ji PD ama Hong Banjang ini banyak diekspos hangat. Mereka malah saling mendukung satu sama lain.



Dia banyak diceritain sebagai sosok yang selalu hadir di jaman kuliahnya Hye Jin. Karena udah suka dari lama tapi kayak timingnya nggak pas mulu. Pas mau gobaek Hye Jin udah punya pacar lah, ampe akhirnya kependem terus dan ketemu di Gongjin. Padahal sebenernya waktu itu si Hye Jin juga ada rasa sama sunbae-nya ini. Buat pelajaran nih gaes, jangan ragu buat nyatain cinta. Biar nggak nyesel kayak Ji PD *tapi jodoh mah nggak kemana nggak sih wqwq

Btw gue baru nonton drama Lee Sang Yi yang banyak screen time nya ya di HomCha ini sih. Notice doi pas main Prison Playbook dan nempel banget karakternya karna bikin sebel. Doi meranin tentara yang jahat gitu, yang bikin karakter Hae In dipenjara **lahh jadi kemana wkwk


Gam-ri
Nenek kita semua~~
Dia hidup sendirian gitu deh, jadi hari-harinya dihabisin sama dua temen (yang juga nenek-nenek) warga setempat. Kadang ngerasa kesepian karena anak sama cucunya kurang perhatian.

Disisi lain, tokoh Gam-ri ini penting banget buat si Du Shik. Nanti seiring berjalannya cerita bakal dikasih tahu satu per satu sih kenapa Du Shik sama Gam-ri bisa sedeket itu.


“Hidup tak selalu adil bagi semua orang. Ada yang jalannya penuh lubang dan ada pula yang berlari sekuat tenaga, tapi tetap menemui jurang di ujung jalan”. -Hong Du Shik

Other
Banyak bangett kalo misal dijelasin satu-satu. Tapi yang jelas semua tokoh yang hadir di drama ini itu punya perannya masing-masing. Punya fungsi dalam ceritanya. Dan nggak peres, aktornya bisa deliver karakternya dengan bagus.

Mungkin karena kebanyakan mereka actor teater juga ya sama kayak Seon Ho, jadi bener-bener bisa bawain karakter yang dia punya ke penonton. Nggak cuma itu, kita juga bisa dapet pelajaran gitu lo dari masing-masing kisah mereka.

Dari actor nenek-nenek sampe anak kecilnya juga kece abis. Apalagi Ijun, salah satu peran anak kecil yang ‘dewasa sebelum waktunya’. Ada satu long shot dia nangis kejer di taman karena Appa-Eoma nya yang cerai balikan lagi. Standing ovation *prok prok --dan baru nyadar ternyata dia main juga di 18 Again wkw



Overall,
Gue sangat senang sih udah memutuskan untuk nonton Drama Hometown Cha Cha Cha ini. Selain banyak yang bisa dipelajarin dari konflik-konflik yang terjadi di drama, gimana cara tokohnya nyelesein masalah, gue juga di suguhkan dengan sinematografi yang kece. Apalagi latar ceritanya di pesisir pantai gitu. Bikin mata adem~~

Selain itu, build up romancenya asik. Pace-nya pas menurut gue. Normal gitu, nggak kecepetan dan nggak kelambatan. Ah, dan lagi, masa-masa romantic Du Shik dan Hye Jin yang mungkin keliatannya kayak clingy banget tapi itu realita sih. Kalo cewe-cowo ketemu orang yang pas dirasa cocok sebagai pasangan, pasti mereka merasa butuh satu sama lain, pengen bareng-bareng terus, dan bahkan kegiatan pacarannya ya receh kayak gitu.


Dannnn nggak ketinggalan, OST nya juga keren keren euy..

Kayak semuanya enak didengerin sambil kerja. Dari yang sedih-melow ampe yang la la la Romantic Sunday temen sepedaan pagi. Kalo pilihan aku ada di Wish nya Choi Yuree. Melow sih, tapi enak banget buat temen ngopi di kala hujan.


Terakhir, mari kita resapi quotes dari Hong Banjang untuk menutup obrolan kita kali ini…


“Hidup tak seperti matematika, tak ada jawaban dan cara menghitung yang paling benar. Kita hanya diberi soal, lalu penyelesaiannya terserah kita.” -Hong Du Shik

  • Share:

You Might Also Like

0 comments