Matrikulasi #9 Misi #5: Menerjang Ombak Samudera Amarta

By chikitadinda - 16.17

Tulisan kali ini adalah misi kelima dari kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional batch #9 yang saya ikuti. 

Mungkin bahasannya akan spesifik digunakan dalam komunitas Ibu Profesional, tetapi menurut saya semuanya baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam kelompok pertemanan yang kita ikuti, serta berkomunitas dan bermasyarakat di dunia nyata ataupun dunia maya. Semoga bermanfaat~

Misi 5: Menerjang Ombak Samudera Amarta (Big Why)

Setelah pada misi sebelumnya saya sudah menentukan arah mata angin berlandaskan core value Ibu Profesional, kali ini saya harus menemukan big why yang menjadi pijakan saya memilih bergabung Ibu Profesional.

Hal ini diperlukan karena Samudera Amarta ini luas sekali, ombaknya pun tentu akan besar. Jadi dibutuhkan persiapan yang lebih untuk berlayar.


Sekilas saya akan sedikit menyinggung pembahasan dalam live bersama SahabatWI hari Senin kemarin, Mba Nesri menjelaskan piramida Ibu Profesional. Dimana bagian atas piramida merupakan wilayah internal kita, dan piramida bagian bawah adalah eksternal, bagaimana kita bisa berdampak untuk yang lain.

Bagian piramida internal, ada beberapa hal yang harus saya pribadi fokus untuk upgrade, yaitu:
  • Hebat mengelola keluarga
  • Mampu mendidik dan mengembangkan anak
  • Terus-menerus menerus mengembangkan diri
  • Percaya diri
Sedangkan pada bagian bawah, piramida eksternal, hal-hal tersebut antara lain:
  • Jaringan kemandirian perempuan
  • Pengembangan sarana Ibu Profesional
  • Pendidikan dan pelatihan Ibu Profesional
  • Revitalisasi makna ibu


Semoga kedepannya saya dan teman-teman yang bergabung di Institut Ibu Profesional dapat dilancarkan segala proses pengembangan baik internal dan eksternal diatas. Amiinnnn...

Cek Kembali Kesiapan

Sebelum menerjang ombak, alangkah baiknya saya memikirkan kembali alasan besar saya ikut bergabung dalam penjelajahan ini, khususnya bergabung di Ibu Profesional.

Awalnya, saya berpikir bukankah menjadi ibu adalah sesuatu tugas yang sangat berat, setidaknya perlu persiapan yang cukup (dan tidak tahu juga kadar kecukupannya seperti apa). Ibu punya tugas besar yaitu mendidik peradaban.

Dan persiapan untuk menjadi pendidik perlu kurikulum dan lingkungan yang kondusif. Maka dari itu saya memilih bergabung Ibu Profesional, sebagai proses ikhtiar.

Meskipun saya masih single, itu saya jadikan opportunity karena memiliki waktu yang lebih lama untuk belajar, serta cukup fleksibel secara waktu belajar dan eksplorasi diri.


Jika ditanya kembali, apakah alasan besar ini sudah sejalan dengan kerangka pikir yang dirumuskan di piramida Ibu Profesional diatas, alhamdulillah, atas izin Allah semuanya sesuai dengan yang saya harapkan di awal.

Pada kurikulum belajar pada matrikulasi ini, saya banyak belajar untuk mengenal dan mendalami diri saya sendiri. Menggali misi hidup, peran yang akan saya ambil, persiapan apa saja yang diperlukan. Tentunya dengan proses tersebut bisa menjadi bekal saya untuk peran ibu nantinya. Harapannya, saya sudah selesai dengan diri saya sendiri untuk selanjutnya membangun peradaban lewat keluarga yang saya bangun.

Selanjutnya, program-program institut yang ditawarkan Ibu Profesional kedepannya seperti Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, dan Bunda Saleha juga jika sekilas saya lihat kurikulumnya, sesuai dengan apa yang nantinya saya butuhkan.

Jika nantinya saat perjalanan pembelajaran ini saya menemukan tantangan, saya hanya perlu untuk kembali membuka misi saya karena itu adalah awal titik mula saya melakukan perjalan. Dengan begitu, saya bisa kembali fokus pada tujuan, meskipun akan banyak rintangan kedepannya.

InsyaAllah jika memang ini jalan yang terbaik, pasti akan dimudahkan oleh Allah swt.



اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْ قًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً


[Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa]
“Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima”
(HR. Ibnu Majah no. 925, shahih)

-----

#Zona3
#Misi5
#penjelajahpelabuhansamuderaamarta
#matrikulasi9
#InstitutIbuProfesional
#semestakaryauntukindonesia



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar