Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Secara Online (Tiket dari Traveloka!)

By chikitadinda - 06.45

Hola hola,
Selamat datang di #jajanmicin. Kali ini gue mau berbagi ke kalian semua cara pembatalan/ubah jadwal tiket kereta api yang gue beli di pihak ketiga kayak Traveloka. Meskipun cara ini juga bisa dengan mudah dilakukan jika kalian belinya di aplikasi KAI Access secara langsung.

Berawal dari merebaknya virus COVID-19, gue yang berencana (dari awal tahun hiks) untuk mudik sejenak karena ada libur ditengah minggu, mendadak batal karena gue harus sadar diri untuk tidak menambah arus penyebaran virus ini dengan menghindari kerumunan, apalagi naik kereta jarak jauh.


Meskipun gue mungkin bisa sebisa mungkin cuci tangan, ganti baju semuanya sesampainya di stasiun kereta api tujuan, bisa jadi gue carrier virus dan malah bawa ke rumah :(

Jadii, baiknya menahan diri agar semua ini bisa dilewati. Semoga dengan satu redaman ego seseorang kita semua bisa mengurangi banyak korban yang jatuh akibat virus COVID-19 ini. Apalagi kalau yang meredam ego banyak yaaa, dengan tidak menjadikan ini libur corona :)

Balik lagi ke judul awal, gue bakal langsung bagiin teknis Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Secara Online.

Pertama-tama, pembatalan/ubah jadwal ini dilakukan menggunakan aplikasi KAI Access ya, jadi kalian bisa download dulu di PlayStore agar terinstal aplikasi ini di smartphone kalian.


Setelah itu bikin akun dengan mengisi data diri seperti biasa.

Note: pembatalan menggunakan aplikasi dapat dilakukan dengan syarat salah satu nomor ID dalam tiket sesuai dengan no ID akun KAI Access yang kalian daftarin tadi.

Nah, ini yang gue bingungin. Kalo beli tiket di eksternal kan tiket kita nggak muncul di menu "Tiket Aktif" dalam aplikasi KAI Access. Kalian harus masukin manual dengan cara:

1. Masuk ke menu Beranda, scroll agak bawah
2. ‎Pilih Tambahkan Tiket, dan masukkan Kode Pemesanan atau Kode Booking yang ada di tiket yang di keluarkan Traveloka. Kalian buka aplikasi Traveloka dan masuk ke menu pemesanan kalian, nanti muncul E-Tiket yang didalamnya terdapat Kode Booking tadi.


3. ‎Setelah itu, kalian akan mendapatin tiket eksternal kalian muncul di halaman Tiket Aktifmu

Proses selanjutnya akan lebih mudah. Ini sudah sering di share oleh KAI Access di media sosial mereka

1. Kalian cukup masuk ke menu Beranda, scroll kebawah dan pilih Pembatalan. Jika ingin ganti jadwal kalian bisa pilih icon yang Ubah Jadwal.
2. ‎Pilih Tiket yang mau kalian batalkan.
3. ‎Masukkan data diri yang diperlukan seperti, Nama Akun Bank, Nomor Rekening, dan Bank. Pilihan bank yang ada dibatasi cuma 4 Bank aja. Kalo nggak salah ada BCA, BRI, BNI, sama CIMB Niaga.


4. ‎Setelah itu pilih tombol kuning Pembatalan Tiket.

Yupsssss,
Cukup gampang kan sebenarnya prosesnya. Yang tidak dijelaskan oleh admin KAInya adalah cara masukin tiket yang kita beli dari eksternal ke KAI Accessnya.

Note: untuk pembatalan tiket atau ubah jadwal ini dikenai potongan 25% ya. Jadi uang yang balik nggak 100%. Dan pengembalian uangnya pun 30-45 hari setelah pembatalan tiket.

Gue merasa dengan adanya sistem pembatalan/ubah jadwal secara online ini membantu banget. Karena kebetulan gue pernah melakukan baik pembatalan dan ubah jadwal ini melalui offline alias antri gila di stasiun, beratus ratus orang :(

Nggak ada virus aja udah males banget antri berkerumun banyak orang, apalagi disaat seperti ini. Hmmm.

Baiklahh, sekian curahan hati gue tentang Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Secara Online. Gue harap ini akan sangat membantu kalian agar tidak perlu keluar rumah dan melakukan hibernasi di dalam rumah saja untuk sementara waktu, demi mengurangi penyebaran virus ini.

“When I is replaced by We, even illnes becomes wellnes!”- Malcolm X

Stay safe semuanya!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar