Podcast Bagi Ruang Ep. #13 - Ngobrolin Insecurities Nggak Ada Habisnya!

By chikitadinda - 18.36

Hola Sobat Micin Milenials, #uhuy

Di episode kali ini, gue lagi ngobrol sama salah satu #TemanPositifChiki yaitu Mba Yumna, tentang insecurities yang nggak ada habisnya dan masih banyak lainnya.

Serruuuu! Banyak banget pelajaran yang bisa diambil.
Semoga bermanfaat buat kalian yang denger ya.


Insecurity atau kalo diartiin secara harfiah dari Bahasa Ingris yang berarti perasaan nggak aman udah pasti pernah kalian alami, nggak sih? Ke-nggak-amanan ini bisa terjadi saat kalian malu, merasa bersalah, kekurangan, ato nggak mampu akan sesuatu.

Saat merasa nggak aman, kita cenderung ngerasa ketakutan. Semakin nggak percaya diri, semakin banyak rasa nggak aman di dalam pikiran.

Salah satu alasan kenapa orang ngerasa nggak aman ya karna mereka menilai diri sendiri terlalu rendah. Mereka memiliki self-esteem yang rendah.

But anyway, kalian bisa dengerin obrolan gue sama Mba Yumna di #PodcastBagiRuang Episode #13.1 - Ngobrolin Insecurities Nggak Ada Habisnya!


Ternyata, insecurity dalam hubungan pun sering terjadi. Nggak cuma satu-dua-orang yang merasa dirinya nggak layak menjadi pasangan seseorang, dan yang aneh, rasanya kayak kok kita yang menilai rendah diri kita sendiri. Padahal orang lain tidak menilai seperti itu lho. Buktinya pasangan menerima kita. Itu kan pasti ada alasannya.


Jenis-jenis insecurity dalam hubungan pun ada macem-macem, kayak:

1. Cemburu

Cemburu ini jenis insecurity yang paling umum dalam sebuah hubungan. Ada masa dimana ketika seseorang cemburu, sebenarnya bukan karena orangnya yang di cemburui, tapi karena dirinya sendiri. 

Kalian merasa insecure dan menganggap orang yang kalian cemburui punya kelebihan yang nggak kalian punya. So, kalau kalian nganggep temen-temen pasanganmu sebagai ancaman, itu berarti kalian harus introspeksi diri. Bisa jadiii kalian insecure sama mereka.

2. Pengen Selalu Dipuji

Kalian tipe orang yang selalu pengen pasangan bilang "I Love You"?
Kalian selalu pengen denger doi memuji?
Kalian merasa takut banget kalo pasangan bakal ninggalin kalian?

Kalo jawabannya ya, berarti sudah jelas kamu punya rasa insecure dalam hubungan.

Ketika seseorang merasa harus mendengar ungkapan cinta dari pasangannya secara terus-menerus, berarti dia merasa kurang yakin dengan dirinya sendiri. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya komunikasi yang lancar, lho.

3. Ngebandingin Sama Mantan

Kalau kalian yakin doi masih suka sama mantan, cobe deh tanyain diri sendiri: 

"Kenapa dia mau memilihmu kalau dia masih suka sama mantannya?" 

Ketika orang membandingkan dirinya sendiri dengan mantan pasangan, itu karena dia insecure dan nggak yakin dirinya lebih baik daripada mantan. Benar?

4. Needy

Orang bisa menjadi needy karena takut pasangannya selingkuh kalo mereka berpisah meskipun bentarrrr. Makanya dia merasa harus pergi kemana aja sama pasangan. Ngelakuin apa aja bareng pasangan. Kalau kalian  orang yang percaya diri, tentu kalian pasti bisa pisah barang sejenak dari pasangan demi kebaikan hubungan.

5. 'Kok Dia Mau Sama Aku?'

Banyak orang yang merasa kurang yakin pasangannya nggak cinta sama dia. Mereka selalu menanyakan, "Kok kamu mau sih sama aku?" Orang-rang yang seperti ini biasanya merasa ada sesuatu yang membuat si pasangan harus mau sama dia. Mereka biasanya memiliki self-esteem yang rendah sehingga berfikir bahwa dirinya nggak layak mendapatkan pasangannya.



Obrolan berlanjut di #PodcastBagiRuang Episode #13.2 (Final) - Dengerin Curhat; Nyatanya Insecurities Dekat Dengan Kita



Anyway, perasaan inscure ini sebenernya wajar dirasain semua orang, kok. Tapi kalo terus-terusan dipelihara tentu nggak baik. Kalian perlu mendeteksi dari sekarang, dan mulailah berpikir positif buat dirimu. Jangan lupa juga untuk cari dan berteman dengan orang yang positif untuk menjaga lingkungan tetap kondusif.

Yuk, dengerin Podcast Bagi Ruang sekarang! 

#TemanPositifChiki

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar