FREE! PRINTABLE RAMADHAN JOURNAL

By chikitadinda - 19.27


Hi, temen-temen!

Kembali lagi di jajanmicin yang nggak terasa udah 3(tiga) bulan tidak ada updet an karna si empunya sedang sibuk marathon film –nggak deng.

Jadi, di comeback-nya chiki kali ini yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan, gue pengen berbagi Jurnal Ramadhan yang gue bikin. Project ini sebenernya tiba-tiba terlintas karna gue kepengen kalian semua juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang gue lakukan, semakin rame kan semakin seru katanya. Berhubung tahun lalu gue janjiin ke temen-temen Instagram gue buat berbagi template-template macem gini (tapi gue sok nggak sempet), dan inilah akhirnya, gue melahirkan Jurnal Ramadhan buat kalian semua.


Gue bikin Jurnal Ramadhan ini cuman 3(tiga) bagian aja, yang bakal gue jelasin lebih lengkapnya dibawah nanti. Ini yang gue bikin ukuran A5 jadi kalian bisa print sendiri di kertas A4 terus kalian bagi dua atau terserahlah atur aja bebaskaannn.

Tiga bagian yang gue bilang diatas, terdiri dari: –busettt, kaku amat kek nulis skripsi


1. GOAL SETTING

Di bagian ini kalian bisa nge-track kalian bakalan ngapain aja nih di Bulan Ramadhan tahun ini. Gue pengennya kita bisa nulis beberapa goal gede yang nantinya bakal dilebur ke goal-goal yang lebih kecil yang lebih fokus. Misalnya nih, di bagian Big Goal kalian nulis kepengen Berbagi Rejeki ke sesama. Nah, di kolom yang gue bikin itu kalian tulis apa saja yang bakal kalian lakuin untuk mewujudkan goal Berbagi Rejeki ini. Contoh: Ngasih sedekah,ngebagiin makan buat berbuka, dsb. Nanti kalian juga harus tulisin disitu mau dimana kalian melakukannya dan kapan. Jadi bakalan ke track dengan jelas dan juga jadi ada remindernya.
Di template ini kalian bisa ngeprint berapa pun sesuai sama Big Goal yang kalian set mau sebanyak apa. Kalo mampunya cuma satu yaudah nggak papa. It’s okay.


2. EVALUASI DIRI PER-HARI

Di template kedua ini ada beberapa bagian yang bisa kalian isi.

Pertama, di kolom Bacaan Alquran kalian bisa tulis surat dan ayat yang kalian baca hari itu yang paling ngena dan jelasin, kalian dapet pelajaran apa dari ayat tersebut. Harapannya, nanti kalian bisa rajin baca Alquran (katam juga lebih bagusnya) dan syukur-syukur bisa diamalin kan tjackep.

Kedua, di kolom checklist esok hari, kita bisa tulisin kita besok mau ngapain aja dan apa aja yang diperlukan buat hari esok. Konsepnya sebenernya sama kayak notes buat nulis daftar belanjaan atau kegiatan sehari-hari, buat pengingat aja biar nggak kelupaan.

Ketiga, di kolom tanggung jawab kalian bisa tulis apa aja yang kalian lakukan seharian tadi yang menurut kalian salah dan harus dievaluasi. Paling nggak kalian harus bisa tidak mengulanginya di kemudian hari dan bisa bertanggung jawab, ‘kenapa kok tadi gue ngelakuin itu, ya’.

Keempat, di kolom bersyukur kepada Allah SWT kalian bisa nulis sebaliknya, yaitu apa aja yang kalian lakukan seharian tadi yang menurut kalian bener dan harus kalian syukuri. Intinya sebenenrnya buat semangat biar kalian bakal ngelakuin hal-hal tersebut secara rutin meskipun sebenernya yang kalian lakuin simple banget, kayak senyum ke orang (bagi gue yang susah senyum itu bakal menjadi pencapaian besar).

Nah, template ini bisa kalian print sebanyak 30(tigapuluh) lembar karna ini ngisinya bakalan per hari gitu. Diatas juga gue kasih ruang buat kalian tulis hari keberapanya.


3. TABEL SHOLAT *SUNAH

Yang terakhir ada template sholat sunah. Sebenernya ini juga buat penyemangat biar kita ngelakuin sholat sunah lebih banyak, sih. Kalau sholat wajib kan emang ya udah wajib ya, harapannya secara otomatis udah ke checklist penuh buat urusan sholat wajib.

Buat makin semangat kalian bisa bikin reward buat kalian sendiri, misal, kalo dalam sehari udah ful sholat wajib + 5(lima) kali sholat sunah, kalian bakal buka puasa pake makanan favorit kalian, atau nggak misal terawihnya bisa ful 23 rekaat, kelarnya minum es teler kan sabi tuh. Gitu deh, buat aja se-fun kalian.

Ini di template ketiga ada dua lembar karna gue pisah jadi dua ya harinya, jadi 15-15 hari karna ga cukup kertasnya.


Udah kali ya, palingan itu doang yang gue jelasin soal Printable Jurnal Ramadhan kali ini. Oh yaa, kalian bisa download secara GRATIS di link dibawah yaa.




Jangan lupa buat di share ke temen-temen yang lainnya biar makin seru Ramadhan-nya, dan jugaaa..jangan lupa untuk melakukan Ramadhan sebaik-baiknya. Anggep aja kayak Bulan Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan terakhir kalian.

Selamat Berpuasa!!

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Jazakillah Khair... sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih sudah mampir. Ada versi lebih lengkap disini yaa..

      www.jajanmicin.com/2020/04/gratis-jurnal-ramadhan-1441.html?m=1

      Hapus