Empat Doa untuk Dibaca Pada Masa-Masa Sulit

By chikitadinda - 00.00

Beberapa artikel yang kutulis di label ini akan banyak membahas terkait pendidikan untuk anak muslim tentang Palestina. Bertujuan untuk tempat hasil belajarku sebagai orang tua (biidznillah) dari berbagai sumber referensi. Sebagai orang tua Muslim, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pentingnya Palestina dalam Islam serta pentingnya sejarah dan budaya. Mengajari mereka tentang Tanah Suci dan perannya dalam sejarah Islam dapat membantu menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap agama. Semoga bisa bermanfaat pula untuk orang tua-orang tua yang mendapatkan link artikel ini.




Bagaimana kita bisa membantu saudara-saudara kita di Palestina?

a) Rasakanlah mereka: Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, "Perumpamaan sesama kaum mukminin dalam menjaga hubungan kasih sayang dan kebersamaan seperti satu tubuh, jika satu anggota merasakan sakit, maka akan membuat seluruh tubuhnya terjaga dan merasakan demam." (HR Muslim No. 2586)

Ini berarti kita harus merasakan empati dan kepedulian yang mendalam terhadap satu sama lain, tidak hanya di komunitas kita sendiri tetapi juga sesama Muslim di seluruh dunia.

b) Doa: Doa adalah alat yang ampuh di tangan setiap orang beriman. Berdoa dengan tulus untuk kesejahteraan, keselamatan, dan kedamaian masyarakat Palestina. Ada empat doa ramah anak yang dapat kita ajarkan selama masa-masa sulit ini.

c) Ambil Tindakan: Meskipun doa mempunyai kekuatan, doa harus dilengkapi dengan tindakan nyata.


Berikut empat doa yang ramah anak untuk bisa kita ajarkan kepada anak untuk dibaca pada masa-masa sulit:

1. Doa Melawan Penindasan

رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ

(Lut berdoa), “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan.[QS Asy-Syu'ara' 26: 169]

2. Doa Untuk Mencari Kekuatan

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya: “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.

Ini adalah doa untuk perlindungan dari segala jenis kejahatan yang diketahui oleh Rasulullah SAW yang dibacakan di pagi dan malam hari

3. Doa Untuk Mencari Keringanan

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Doa Nabi Yunus di atas merupakan bagian dari Surah Al-Anbiya' [21]: 87

Surah Yunus mengisahkan kisah menyentuh hati Nabi Yunus AS dan saat beliau terjebak di dalam perut ikan paus setelah meninggalkan umatnya. Setelah menyadari kesalahannya, dia berseru kepada Allah SWT dengan doa yang indah ini.

4. Doa Untuk Mencari Kemudahan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau mudahkan, dan Engkau menciptakan kesedihan ketika Engkau berkehendak mudah."

  • Share:

You Might Also Like

0 comments