Apa Yang Terjadi di Palestina?

By chikitadinda - 00.00

Beberapa artikel yang kutulis di label ini akan banyak membahas terkait pendidikan untuk anak muslim tentang Palestina. Bertujuan untuk tempat hasil belajarku sebagai orang tua (biidznillah) dari berbagai sumber referensi. Sebagai orang tua Muslim, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pentingnya Palestina dalam Islam serta pentingnya sejarah dan budaya. Mengajari mereka tentang Tanah Suci dan perannya dalam sejarah Islam dapat membantu menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap agama. Semoga bisa bermanfaat pula untuk orang tua-orang tua yang mendapatkan link artikel ini.




"Bu, kenapa semua orang membicarakan Palestina?"

Saat mendiskusikan topik Palestina dengan anak, penting untuk menyesuaikan percakapan dengan usia dan tingkat pemahaman mereka.

Anak-anak yang lebih kecil mungkin memerlukan pengenalan yang lebih sederhana, sementara anak-anak yang lebih besar dapat mempelajari lebih dalam detail sejarahnya.

Mulailah dengan menjelaskan apa itu Palestina. Kita bisa menggambarkannya sebagai tempat yang indah dengan kekayaan sejarah, budaya, dan warisan. Tekankan bahwa ini juga merupakan tanah yang diberkati bagi Muslim.

Saat sudah siap mendiskusikan situasi saat ini, orang tua dapat menggunakan artikel ini yang semoga bisa membantu memandu percakapanmu dengan anak.

Terakhir, ingatlah untuk berdoa dengan tulus demi kesejahteraan, keselamatan, dan kedamaian masyarakat Palestina.


"Bayangkan kamu tinggal di sebuah rumah bersama keluarga dan kamu memiliki halaman yang luas tempatmu bermain dan bersenang-senang.

Suatu hari, seseorang dari tempat lain datang dan berkata bahwa mereka ingin tinggal di salah satu bagian rumahmu dan bermain di halaman rumahmu juga.

Orang baru ini mulai membangun kamar dan area bermainnya sendiri hanya untuk dirinya dan teman-temannya.

Mereka bilang, hanya mereka yang bisa menggunakan bagian rumah itu dan keluargamu tidak bisa lagi. Mereka bahkan mencoba membuat keluargamu meninggalkan rumahmu."


Ini disebut kolonisasi. Dan inilah yang terjadi di Palestina.


Jalur Gaza adalah rumah bagi sekitar 2,3 juta orang.

Wilayah ini dikepung oleh blokade yang diberlakukan oleh Israel. Artinya, mereka tidak dapat dengan mudah berpindah-pindah melalui perjalanan darat, laut, dan udara.

Di Gaza, ada blokade militer. Artinya Jalur Gaza dikepung dan dikuasai oleh militer Israel. Hal ini berdampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat yang tinggal di Gaza.


Perlu Untuk Diketahui:

Selama lebih dari 70 tahun, rakyat Palestina menghadapi penindasan dan banyak tantangan. Dan Israel terus mengambil lebih banyak wilayah dari Palestina.

Dengan mengambil alih rumah-rumah keluarga Palestina, banyak dari mereka yang tidak punya rumah dan tidak punya tempat tujuan.



Ketika berbicara dengan anak-anak, ingatlah untuk memvalidasi, lalu mengoreksi.

Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan sesama kaum mukminin dalam menjaga hubungan kasih sayang dan kebersamaan seperti satu tubuh, jika satu anggota merasakan sakit, maka akan membuat seluruh tubuhnya terjaga dan merasakan demam." (HR Muslim No. 2586)

Itu fitrah kita, cara Allah menciptakan kita. Ketika kita melihat orang lain terluka, kita pun terluka. Kita merasa sedih. Kita merasa marah.

Ambil tindakan dengan mengajarkan anak-anak kita bahwa suara dan solidaritas mereka penting!

Dorong anak-anak kita untuk membela saudara dan saudari mereka yang tertindas melalui cara-cara yang produktif, seperti:
- meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi keadilan
- menulis kepada pemerintah/pejabat negara untuk mengungkapkan keprihatinan mereka
- meminta bantuan kepada Allah SWT

  • Share:

You Might Also Like

0 comments