Apa Itu Penindasan? Untuk Dijelaskan Kepada Anak-anak

By chikitadinda - 00.00

Beberapa artikel yang kutulis di label ini akan banyak membahas terkait pendidikan untuk anak muslim tentang Palestina. Bertujuan untuk tempat hasil belajarku sebagai orang tua (biidznillah) dari berbagai sumber referensi. Sebagai orang tua Muslim, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pentingnya Palestina dalam Islam serta pentingnya sejarah dan budaya. Mengajari mereka tentang Tanah Suci dan perannya dalam sejarah Islam dapat membantu menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap agama. Semoga bisa bermanfaat pula untuk orang tua-orang tua yang mendapatkan link artikel ini.




Apa itu penindasan dan bagaimana kita harus bertindak sebagai Muslim?

InsyaAllah artikel ini akan membantu kita sebagai orangtua untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan yang benar tentang cara mengidentifikasi penindasan dan apa yang dapat mereka lakukan untuk mendukung saudara dan saudari mereka yang ditindas.

"Apa itu penindasan?"

Penindasan adalah ketika seseorang menggunakan kekuasaan atau wewenangnya untuk memperlakukan orang lain dengan cara yang tidak adil.

"Perlakuan tidak adil seperti apa?"

Ini bisa berarti menyangkal hak, kebebasan, dan martabat seseorang.
Hal ini terwujud dalam berbagai bentuk, termasuk penindasan fisik, emosional, sosial, ekonomi, dan politik.

Apa kata Islam tentang penindasan?

Merujuk dari Hadis Arbain ke-34 yang artinya: Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa dari kalian melihat kemungkaran, ubahlah dengan tangannya. Jika tidak bisa, ubahlah dengan lisannya. Jika tidak bisa, ingkarilah dengan hatinya, dan itu merupakan selemah-lemahnya iman".”

Islam mengajarkan kita untuk melawan ketidakadilan ketika kita melihatnya.


Apa yang bisa kita bantu atau lakukan jika ada penindasan?

Pertama, rasakan perasaan mereka.

Hendaknya kita mempunyai rasa empati terhadap penderitaan saudara-saudari kita.

Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan sesama kaum mukminin dalam menjaga hubungan kasih sayang dan kebersamaan seperti satu tubuh, jika satu anggota merasakan sakit, maka akan membuat seluruh tubuhnya terjaga dan merasakan demam." (HR Muslim No. 2586)

Kedua, dorong anak-anak kita untuk membela saudara dan saudari mereka yang tertindas melalui cara-cara yang produktif, seperti:

- meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi keadilan
- menulis kepada pemerintah/pejabat negara untuk mengungkapkan keprihatinan mereka
- meminta bantuan kepada Allah SWT

  • Share:

You Might Also Like

0 comments