Ketika Anak Bertanya Tentang Palestina: Kenapa Allah Tidak Bisa Menghentikannya Saja?

By chikitadinda - 00.00

Beberapa artikel yang kutulis di label ini akan banyak membahas terkait pendidikan untuk anak muslim tentang Palestina. Bertujuan untuk tempat hasil belajarku sebagai orang tua (biidznillah) dari berbagai sumber referensi. Sebagai orang tua Muslim, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pentingnya Palestina dalam Islam serta pentingnya sejarah dan budaya. Mengajari mereka tentang Tanah Suci dan perannya dalam sejarah Islam dapat membantu menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap agama. Semoga bisa bermanfaat pula untuk orang tua-orang tua yang mendapatkan link artikel ini.



Sebagai orang tua, kita mungkin menerima banyak pertanyaan “mengapa” dalam sebulan terakhir ini dari anak-anak kita.

"Mengapa ini terjadi?"
"Mengapa mereka lolos begitu saja?"
"Mengapa ini tidak berhenti?"

Tidak mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Dan sulit untuk menemukan kata-kata yang tepat. Tapi, insyaAllah artikel ini akan membantu untuk memulai percakapan.


"Jika Allah mengendalikan segalanya, mengapa Dia tidak melenyapkan semua hal buruk yang ada di Palestina?"

Pertama,
Allah Maha Kuasa, dan Dia bisa melakukan apa saja. Dialah Pencipta segalanya, jadi jika Dia menghendaki, Dia bisa melenyapkan semua hal buruk di dunia. Kekuatannya tidak terbatas.

Namun, yang penting untuk dipahami adalah bahwa Allah mempunyai rencana khusus, rencana Ilahi, dan hikmah-Nya jauh melampaui apa yang dapat kita pahami.


Apa itu Hikmah Ilahi?

Bayangkan hidup sebagai puzzle yang sangat besar. Setiap peristiwa, setiap orang, setiap momen adalah bagian dari puzzle itu.

Beberapa bagian mungkin terasa sulit atau bahkan menyakitkan, seperti penderitaan saudara kita di Palestina.

Namun dalam Hikmah Ilahi, setiap bagian mempunyai tujuan, meski kita tidak bisa langsung melihatnya.


Tapi, kenapa Allah membiarkan kita menderita?

Sebagai umat Islam, kita meyakini bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara, dan kehidupan yang hakiki dan kekal adalah di akhirat.

Ujian dan cobaan membantu kita memperkuat iman kita, dan menjadi orang yang lebih baik. Menghadapi tantangan dapat mengajarkan kesabaran, ketahanan, kasih sayang, dan kebajikan lainnya.

Dan bagi mereka yang mengalami penderitaan yang luar biasa, Allah akan membalas kesulitan mereka. Dia akan membalas penderitaan dan ketidakadilan di dunia ini dengan surga di akhirat.


Allah akan membalas kebaikan rakyat Palestina

Allah Maha Baik dan Penyayang! Bagi mereka yang tertindas atau menjadi korban hawa nafsu, Allah menawarkan pahala yang sangat besar. Bahkan rasa sakit atau penderitaan sekecil apa pun dapat membawa pada pengampunan dosa dan pahala atas kekuatan seseorang.

Bagi orang beriman, kesulitan adalah ujian, pengingat, dan kesempatan untuk mendapatkan ampunan serta pahala yang lebih tinggi di akhirat. Bahkan kesulitan kecil pun dipandang sebagai tanda rahmat dan nikmat Allah.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments