Manfaat Tummy Time dan Tumbuh Kembang Buah Hati

By chikitadinda - 18.19

Apa itu Tummy Time?
Tummy time adalah saat dimana bayi menghabiskan waktu sambil ditengkurapkan untuk melakukan stimulasi. Kegiatan ini sangat penting untuk perkembangan bayi dan tidak dilakukan saat bayi tidur.



Kapan bayi bisa mulai di Tummy Time?
Segera setelah bayi pulang dari Rumah Sakit.

Dimana bayi melakukan Tummy Time?
Di kasur boleh tetapi sejak awal dikenalkan tummy time di playmate itu lebih baik. Kombinasi new born dikenalkan tummy time di playmate tidak apa-apa (diawasi)

Kenapa bayi perlu Tummy Time?
- Menstimulasi perkembangan visual (penglihatan), motorik (otot-otot rangka), dan sensorik
- Menguatkan leher, punggung, dan kepala >> berhubungan dengan postur: kemampuan konsentrasi, kemampuan fokus, pemusatan perhatian, balancing
- Mencegah flat head, tortikolosis (tengeng), dll


Banyak sekali manfaat dari Tummy Time
1. Otak
- Melatih integrasi seluruh sensori (seluruh indera anak)
- Perkembangan kecerdasan
- Kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar

2. Kepala
Mencegah kepala peyang (plagiochepali)

3. Leher
- Melatih kekuatan otot leher
- Menguatkan kontrol kepala tegak

4. Punggung
- Kekuatan postur
- Kekuatan tulang belakang
- Susunan tulang normal

5. Mata
- Perkembangan keseimbangan motorik-visual
- Mampu mengira-ngira kedalaman lubang/permukaan

6. Lengan
- Menguatkan lengan untuk meraih/menarik benda dan kuat menahan tubuh saat merangkak

7. Perut
- Mengurangi keluhan pencernaan; kembung, sembelit, dll

8. Tangan
- Pembentukan dan penguatan lengkungan tangan untuk menunjang kemampuan motorik halus: menggenggam, meremas, menarik, menulis, menggambar, dll

9. Kaki
- Membantu menguatkan tulang dan kemampuan merangkak

10. Panggul
- Mengembangkan kemampuan otot panggul (menahan badan saat duduk)

Seberapa sering bayi Tummy Time?
Beberapa kali sehari saat bayi bangun, saat tidak rewel dan ingin main. Dilakukan beberapa detik hingga bisa bertahan tengkurep 2-5 menit tiap kali tanpa menangis.

Berapa lama bayi melakukan Tummy Time?
Bertahap, sampai 30-60 menit/hari di usia 3 bulan (total waktu tummy time). Bayi perlu tummy time setiap hari sampai merangkak. Kalo sudah bisa merangkak tidak wajib/diperlukan tummy time lagi tapi boleh saja kalo tetap di stimulasikan.

Empat posisi Tummy Time
1. Tummy to Tummy
Orangtua leyeh-leyeh dan bayi nemplok ke tubuh kita (boleh sambil posisi duduk atau posisi rebahan, yang penting terkontrol bayi tidak terbekap. 

2. Eye Level Smile
Bayi sendirian di kasur/di playmate dan kita ada didepannya (ikut tengkurap). Matanya bayi melihat senyum kita. Sambil di stimulasi mainan.

3. Lap Soothe
Letakkan bayi dipangkuan, boleh apabila salah satu kaki orang tua (yang bagian dada bayi) dinaikkan. Bisa sambil di stimulasi dengan mainan, buku, cermin, dll.

4. Tummy Down Carry
Posisi seperti menggendong tiger. Harus PD saat melakukan posisi tummy time ini agar tidak takut-takut. Lakukan bervariasi metode-metode tummy time diatas dan cari yang paling favorit.


Tahapan kemampuan Tummy Time sesuai usia
- 1 bulan: mengangkat kepala sesaat dan menoleh kesamping
- 1-2 bulan: mengangkat kepala (45°)
- 2-3 bulan: mengangkat kepala (90°) dan dada dengan forearm support; kepala tegak saat didudukkan
- 3-4 bulan: mengangkat dada dengan hand support

Usia 2 minggu: melakukan tummy time dengan berbagai metode: tummy to tummy, tummy down carry, lap soothe. Sesekali melakukan tummy time di playmat/lantai selain di kasur.

Usia 1 bulan: menolehkan kepala ke kiri/ke kanan selama tummy time, beberapa bayi mulai bisa mengangkat kepala walau 1-2 detik kemudian tertunduk kembali. Bayi boleh ditaruh di karpet (diberi alas selimut). Orang tua bisa ikut 'melantai' dan berhadapan dengan bayi setinggi mata bayi. Bayi sangat menyukai wajah mama.

Usia 2 bulan: melakukan tummy time beberapa kali sehari, sekali tummy time sekitar 1 menit, dilakukan saat bayi happy, tidak sedang grumpy. Sebagian besar tummy time sudah dilakukan di playmat/melantai bukan lagi di kasur. Terkadang bayi mengangkat kepala miring ke 1 sisi. Ajak bayi bermain untuk menoleh ke sisi satunya, sehingga tidak melulu mengangkat kepala menoleh ke 1 sisi saja. Ubah arah tidur bayi/ibu secara periodik, untuk membantu menguatkan dan meluweskan otot leher karena bayi bergantian melihat ibu dari arah yang berbeda. Saat menyusui (atau kegiatan lainnya: bernyanyi, tilawah, murotal, dll) juga ubah arah posisinya agar lebih luwes.

Usia 3 bulan: Mulai menahan beban pada lengan, posisi siku masih dibelakang bahu (membentuk sudut sekitar 45°). Mampu mengangkat kepala 45°-90° dan tidak lagi memiringkan kepala dominan ke kanan/kiri saja. Lama melakukan tummy time total antara 30-60 menit setiap hari. Menstimulasi dengan menunjukkan mainan warna-warni yang digerakkan di depan bayi selama tummy time. Tuumy time juga bisa dilakukan diatas gymball. Letakkan perut bayi di gymball (dialasi kain/selimut), sangga kedua sisi, gerakkan bola mendekat dan menjauh. 

Usia 4 bulan: Mampu mengangkat kepala setegak 90°. Mampu mempertahankan kepala di posisi garis tengah, dan menoleh ke kanan dan kiri. Mampu mengangkat sedikit dada dari lantai dengan bertumpu pada lengan. Posisi siku lurus bahu dan membentuk sudut siku 90°, atau di depan bahu. Mampu mengangkat kepala tegak dan menoleh kanan kiri mengikuti arah gerakan mainan, wajah didepannya, dan ke arah suara (Bayi 3-4 bulan sudah aware dengan suara. Jadi bayi sudah mulai nggak fokus - kepo dnegan suara-suara, jadi ASI sebentar-sebentar dan BB jadi turun). Bayi sangat menyukai wajah! Bahkan wajah mereka sendiri! Taruh cermin di depan bayi saat tummy time agar mereka 'betah'.

Usia 5 bulan: Mengangkat kepala dan dada dari lantai dengan posisi lengan lurus menumpu di lantai/playmate. Menggerakkan tangan ke depan untuk meraih mainan yang terletak di dekat anak. (Jika badan bayi mager gamau ngangkat dadanya -mulai 3 bulan sudah boleh-,  kita bantu dengan) letakkan tangan kita di dada dan perut, angkat sedikit dengan lembut untuk memancing bayi mengangkat badan dengan tangan lurus menumpu lantai. 

Usia 6 bulan: (usia 6 bulan bayi harus sudah bisa tengkurep sendiri!) Bayi lebih mandiri dalam melakukan tummy time. Bayi mampu tengkurap sendiri ke posisi tummy time tanpa dibantu. Meraih raih berbagai mainan dengan berbagai ukuran selama tummy time. Bayi kadang memutar saat dalam posisi tengkurap (meskipun bayi belum bisa merayap).  Mampu menggulingkan badan dari terlentang ke tengkurap, dan belajar untuk membalik dari tengkurap ke telentang. Mulai lebih suka posisi tengkurap karena merasa leluasa bermain, bergerak dan mengeksplore sekitar.

(Jika bayi sudah bisa tengkurap sudah pintar tapi tidak bisa balik sendiri, lakukan) menstimulasi bayi untuk berguling saat tummy time. Gunakan mainan agar bayi lebih tertarik dan semangat. Kasih mainan sampai dia meraihnya. Lakukan juga diarah lain. 7-8 bulan bayi harus bisa balik sendiri, karena next step harus didudukkan sendiri. Beberapa bayi 6 bulan masih nggeblag (oleng) kalau didudukkan.

Jika bayi tidak sesuai umur (kemampuan tummy time nya), review lagi. Mungkin kita kurang benar, kurang gigih, kurang lama, kurang variasi, baik dari jurus tummy time atau stimulasi agar bayi betah. Bisa di variasi dengan mainan2 sensori.

Mainan sambil Tummy Time
- Wajah kita
- Mainan berwarna mencolok
- Contrast book
- Soft book
- Cermin

Boleh berikan mainan-mainan yang bisa digenggam oleh bayi. Diatas usia 3 bulan kepalan jari-jari bayi akan cenderung membuka. 5 bulan telapak tangannya kebuka. Penting untuk mengambil benda2 apapun. Jadi berikan mainan2 yang bentuk mainannya lonjong-lonjing agar bisa di pegang. Bisa juga biji-biji, sedikit agak lengket. Semakin banyak variasinya akan semakin bagus.

Contrast Book
Bagaimana contrast card/contrast book menstimulasi mata dan otak bayi? 
Setelah lahir, bayi mulai melihat cahaya. Mata adalah jendela otak bayi. Milyaran serabut saraf terhubung dan teraktivasi. Bayi belajar dan mendapat stimulasi saat menatap wajah orang tuanya. Segala sesuatu di dekitar sangat menarik bagi bayi. Tampilan contrast tinggi adalah kunci perkembangan otak bayi. Serabut-serabut saraf di otak bayi terkoneksi dengan sangat cepat dan progesif. Bermain contrast book sambil berbicara memberikan stimulasi dan bonding yang luar biasa.

Bagaimana cara menggunakannya dengan tepat?
Pegang kartu sekitar 30 cm di depan wajah anak. Saat bayi menatap kartu, gerakkan kartu ke atas dan ke samping. Ganti dengan kartu yang berbeda-beda agar bayi tetap tertarik bermain. Lakukan setiap hari selama 10-15 menit.

Bermain dengan contrast book setiap hari sangat penting untuk mensupport kesehatan mata, kontrol postur, dan perkembangan otak. 

Kapan bayi sudah tidak perlu di Tummy Time?
Saat bayi mampu merangkak/usia 7-9 bulan. Bayi akan merasakan manfaat dari rutinnya tummy time setiap hari. Namun tetap berikan waktu bayi bermain sambil posisi tengkurap.

Bagaimana jika tidak Tummy Time?
- Masalah perkembangan terdeteksi lebih lambat (gangguan motorik, sensorik, bahkan autism)
- Bisa lebih lama mencapai milestone pekembangan anak
- Salah satu atau beberapa pondasi kekuatan perkembangan bisa kurang (motoric, fokusm sosial, komunikasi, dll)

Kita harus ingat bahwa anak memiliki potensi yang berbeda-beda. Ada yang akan mengalami perkembangan normal, cepat, ada juga yang akan mengalami keterlambatan perkembangan. Tummy time sejak awal adalah ikhtiar kita untuk memberikan stimulasi dan pondasi perkembangan yang dibutuhkan anak. Tummy time sejak new born bukanlah overstimulasi. Rutin tummy time memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mendeteksi dini adanya masalah perkembangan anak.


----
"Manfaat Tummy Time untuk Tumbuh Kembang Buah Hati"
Bersama dr. Arlita Eka Putri Vivin Puspitasari, Sp.A
(Pediatrician, Infant Massage Counselor, Content creator, National Speaker (Kemenkes))

16 Desember 2023
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GDbSWTmkAT0

  • Share:

You Might Also Like

0 comments