Lima Fakta Tentang Palestina Untuk Mengajari Anak Muslim

By chikitadinda - 17.20

Beberapa artikel yang kutulis di label ini akan banyak membahas terkait pendidikan untuk anak muslim tentang Palestina. Bertujuan untuk tempat hasil belajarku sebagai orang tua (biidznillah) dari berbagai sumber referensi. Sebagai orang tua Muslim, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pentingnya Palestina dalam Islam serta pentingnya sejarah dan budaya. Mengajari mereka tentang Tanah Suci dan perannya dalam sejarah Islam dapat membantu menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap agama. Semoga bisa bermanfaat pula untuk orang tua-orang tua yang mendapatkan link artikel ini.


Dalam artikel ini aku akan membahas lima fakta yang semoga bisa membantu kita sebagai orangtua memandu percakapan saat mendiskusikan Palestina dengan anak.

Namun sebelumnya perlu untuk dipahami:
"Kenapa sih Palestina Sepenting Itu Untuk Muslim?"
Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan sesama kaum mukminin dalam menjaga hubungan kasih sayang dan kebersamaan seperti satu tubuh, jika satu anggota merasakan sakit, maka akan membuat seluruh tubuhnya terjaga dan merasakan demam." (HR Muslim No. 2586)

Mengapa hal ini penting bagi orang tua?
Sebagai orang tua muslim, penting untuk menanamkan rasa empati dan tanggung jawab pada anak-anak. 

Saudara-saudari Muslim kita di Palestina telah mengalami penderitaan dan penindasan selama bertahun-tahun. Sebagai seorang muslim, kita harus membela saudara kita dan selalu mengingatnya dalam doa kita.

Dorong anak-anak kita untuk membela saudara dan saudari mereka yang tertindas melalui cara-cara yang produktif, seperti:
- meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi keadilan
- menulis kepada pemerintah/pejabat negara untuk mengungkapkan keprihatinan mereka
- meminta bantuan kepada Allah SWT

1. Palestina adalah rumah tersuci ketiga dalam Islam 

Di kota bernama Jerusallem di Palestina, terdapat sebuah Masjid bernama Al Aqsa atau Bayt al Maqdis (rumah kesucian). Masjid Al-Aqsa adalah salah satu dari lima masjid yang disebutkan namanya dalam Al-Qur'an.

قَالَ لَا تُشَدُّ الرّحَالُ إِلا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ، هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَى

Artinya: "Tidak boleh menggemarkan perjalanan, kecuali ke tiga masjid, yaitu masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjidilharam, Masjidilaqsa." (HR Bukhari & Muslim, dari Abu Hurairah)

Tiga masjid suci di Islam:
- Masjid Al Haram di Mekah
- Masjid Al Nabawi di Madinah
- Masjid Al Aqsa di Jerusallem

2. Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertama kaum muslim

Pada masa awal Islam, umat Islam biasa melakukan salat ke arah Al Aqsa sebelum salat ke arah Ka'bah di Mekah. Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya shalat ke arah sana selama kurang lebih enam belas atau tujuh belas bulan.

3. Perjalanan spiritual Nabi Muhammad terjadi di Palestina

Selama perjalanan spiritual (Isra'), Malaikat Jibril membawa Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Masjid Al Aqsa di Jerusalem di mana beliau naik ke surga (Mi'raj).

Pada malam yang sama, beliau memimpin seluruh nabi dalam shalat. Pada saat itulah beliau menerima petunjuk penting dari Allah SWT, termasuk perintah bagi umat Islam untuk menunaikan shalat lima waktu.

4. Allah SWT menyebut Palestina sebagai tanah “negeri yang diberkahi”

Palestina adalah tanah yang diberkati dan suci bagi umat Islam! Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyebut Palestina dan Masjid Al Aqsa sebagai "Tanah Suci", dan merupakan tanah "negeri yang diberkahi".

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya) agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Q.S Al Isra [17]: 1)

5. Adalah tanah para nabi

Banyak nabi-nabi penting dan para sahabat Nabi Muhammad SAW yang lahir atau menghabiskan sebagian hidupnya di tanah suci Palestina. Beberapa nabi yang disebutkan dalam Al-Qur'an juga lahir, besar, dan dimakamkan di Palestina.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments