4 Fakta Tentang Al-Aqsa Yang Harus Diketahui Setiap Anak Muslim

By chikitadinda - 00.00

Beberapa artikel yang kutulis di label ini akan banyak membahas terkait pendidikan untuk anak muslim tentang Palestina. Bertujuan untuk tempat hasil belajarku sebagai orang tua (biidznillah) dari berbagai sumber referensi. Sebagai orang tua Muslim, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pentingnya Palestina dalam Islam serta pentingnya sejarah dan budaya. Mengajari mereka tentang Tanah Suci dan perannya dalam sejarah Islam dapat membantu menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap agama. Semoga bisa bermanfaat pula untuk orang tua-orang tua yang mendapatkan link artikel ini.




Seberapa banyak yang anak kita ketahui tentang salah satu situs paling suci bagi umat Muslim?

Mengingat peristiwa yang terjadi baru-baru ini, penting bagi kita untuk membekali anak-anak kita dengan pengetahuan tentang tanah yang diberkati ini.

InsyaAllah petunjuk-petunjuk ini dapat menjadi titik awal untuk membantu anak-anak kita menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap Al-Aqsa.

1. Masjid Al-Aqsa Bukan Hanya Satu Masjid!

Masjid Al-Aqsa bukanlah sebuah bangunan tunggal; itu adalah kompleks yang terdiri dari beberapa masjid. Keseluruhan kompleks dianggap diberkati. Masjid Al Aqsa diidentikkan dengan kubahnya yang berwarna timah.



2. Masjid Al-Aqsa adalah salah satu dari lima masjid yang disebutkan dalam Al-Qur'an

Diantara masjid tersebut ada empat yaitu:
- Masjid Al Aqsa di Jerusalem
- Masjid Al Quba di Madinah
- Masjid Al Haram di Mekah
- Masjid Al Nabawi di Madinah

3. Rasulullah SAW memimpin seluruh nabi dalam shalat di Al-Aqsa

Selama perjalanan malam yang ajaib (Isra'), Malaikat Jibril membawa Rasulullah SAW dari Mekah ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dalam satu waktu (perjalanan yang biasanya memakan waktu 40 hari) dan naik ke surga (Mi'raj). Pada malam yang sama, beliau memimpin seluruh nabi dalam shalat di Masjid Al-Aqsa.

4. Al-Aqsa juga dikenal sebagai "masjid terjauh"

Ketika Masjid Al-Aqsa disebut sebagai 'masjid terjauh', hal ini bisa berarti jarak geografisnya dari Mekah, dan banyak yang percaya bahwa nama ini menekankan statusnya sebagai situs suci terjauh dari kota Mekah.

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: "Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." [QS Al-Isra 17:1]

  • Share:

You Might Also Like

0 comments